Pemahaman Tentang Alamat Bitcoin dan Dompet Bitcoin untuk Pemula

Artikel Terkait Edukasi Cryptocurrency
Pada kesempatan ini, saya akan memberi sedikit pemahaman untuk pemula mengenai Alamat Bitcoin dan Wallet Bitcoin.
Mungkin anda pernah bertanya
Apa itu Alamat Bitcoin ?
Apa itu Wallet / Dompet Bitcoin ?
Bagaimana Mengamankan Dompet Bitcoin ? 

Pemahaman Tentang Alamat Bitcoin & Dompet Bitcoin

Jika 3 pertanyaan anda diatas masih belum terjawab atau anda ingin penjelasan lebih detail, maka disini saya akan menjawab nya melalui artikel yang berjudul Pemahaman Tentang Alamat Bitcoin dan Dompet Bitcoin Untuk Pemula.

Apa itu Alamat Bitcoin ?

Alamat Bitcoin adalah sebuah tanda pengenal sekaligus tempat dimana Anda bisa menerima Bitcoin.
Diibaratkan dengan PayPal, Anda mengirimkan uang ke sebuah alamat email, sama halnya dengan Bitcoin dimana Anda akan mengirimkan Bitcoin Anda ke sebuah alamat Bitcoin.

Ini adalah contoh sebuah alamat Bitcoin: 13TuMozdMFE4osFj78EWAYEnkUXQXRxt9s. Untuk melakukan transaksi bitcoin, pastikan bahwa anda sudah menuliskan alamat Bitcoin yang ingin dikirimkan Bitcoin dengan benar, karena transaksi Bitcoin tidak dapat dikembalikan.
Artikel terkait : Alasan Kenapa Kamu Harus Investasikan Uangmu Ke BitCoin
Bagaimana cara melihat alamat bitcoin di VIP.BITCOIN.CO.ID ?
Jika anda adalah member dari VIP Bitcoin Indonesia, maka anda bisa melihat alamat bitcoin dengan cara Klik tab Terima / Kirim bitcoin, Maka disana akan tertera alamat bitcoin anda, contoh nya seperti alamat bitcoin saya dibawah ini :
Pemahaman Tentang Alamat Bitcoin dan Dompet Bitcoin Untuk Pemula


Apa itu Dompet / Wallet Bitcoin ?

Wallet atau dompet Bitcoin adalah tempat dimana Anda bisa menyimpan saldo Bitcoin Anda secara aman dan efisien. Ada berbagai macam wallet Bitcoin yang dapat Anda gunakan dan Anda install di PC/Laptop, smartphone, tablet atau di cloud.

Untuk membuat wallet pribadi, Anda bisa berkunjung ke situs-situs khusus yang memang menyediakan wallet Bitcoin, baca artikel terkait : Jenis jenis dompet / wallet bitcoin.

Baca juga artikel dibawah ini untuk menjaga keamanan wallet Bitcoin Anda karena hanya Anda-lah yang bertanggung jawab dalam menjaga uang Anda sendiri.
Artikel lainnya : Pemahaman Tentang Bitcoin Untuk Pemula

Bagaimana Mengamankan Dompet Bitcoin ?

Apa itu Alamat Bitcoin dan Dompet / Wallet Bitcoin, Serta Cara Mengamankan Dompet Bitcoin
Dalam dunia nyata, dompet Anda haruslah diamankan. Bitcoin memungkinkan Anda untuk melakukan transfer ke mana saja dengan cara yang sangat mudah serta memungkinkan Anda untuk mengendalikan uang Anda. Fitur hebat itu juga datang bersama dengan perhatian yang tinggi atas keamanan.

Bitcoin menyediakan tingkat keamanan yang sangat tinggi jika digunakan secara benar. Selalu ingat bahwa merupakan tanggung jawab Anda untuk melakukan langkah-langkah pengamanan yang baik dalam rangka melindungi uang Anda.

Berhati-hati dengan layanan online
Anda sebaiknya memahami berbagai jenis layanan yang didesain untuk menyimpan uang Anda secara online. Banyak tempat penukaran dan dompet online yang pernah mengalami kebocoran keamanan di masa lalu. Pada umumnya mereka masih belum menyediakan kepastian dan keamanan yang memadai untuk digunakan sebagai sarana penyimpanan layaknya bank. Sebaiknya, Anda menggunakan layanan dompet Bitcoin lainnya. Jika tidak, Anda sebaiknya memilih jenis layanan semacam ini dengan lebih berhati-hati. Sebagai tambahan, sangat disarankan memilih layanan yang menggunakan otentikasi dua-faktor.

Jumlah kecil untuk penggunaan sehari-hari
Sebuah dompet Bitcoin layaknya sebuah dompet sungguhan dengan uang tunai di dalamnya. Jika Anda tidak ingin menyimpan ribuan dolar di dalam dompet, Anda mungkin juga memiliki pertimbangan yang sama untuk dompet Bitcoin Anda. Secara umum, sebaiknya menyimpan uang bitcoin dalam jumlah kecil di komputer, ponsel, ataupun server untuk penggunaan sehari-hari dan menyimpan sisa uang Anda pada tempat yang lebih aman

Cadangkan dompet Anda
Dengan disimpan di tempat yang aman, pencadangan dompet dapat melindungi Anda dari kerusakan komputer dan kesalahan manusia lainnya. Pencadangan juga memungkinkan Anda untuk memulihkan dompet Anda setelah ponsel atau komputer Anda dicuri jika Anda telah mengenskripsi dompet Anda.
  • Cadangkan seluruh dompet Anda
Beberapa jenis dompet menggunakan banyak kunci pribadi yang tersembunyi di dalamnya. Jika Anda hanya memiliki cadangan kunci pribadi untuk alamat Bitcoin Anda yang tampak, Anda mungkin tidak bisa mengembalikan sebagian besar uang Anda dengan cadangan Anda tersebut.
Enkripsi pencadangan online
Cadangan apapun yang tersimpan secara online sangat rentan terhadap pencurian. Bahkan sebuah komputer yang terhubung dengan Internet rentan akan perangkat lunak berbahaya. Dengan demikian, mengenkripsi cadangan apapun yang terekspos ke jaringan adalah sebuah langkah pengamanan yang baik.
  • Gunakan banyak lokasi aman
Satu poin kegagalan akan buruk untuk keamanan. Jika cadangan Anda tidak tergantung pada satu lokasi, maka mengurangi risiko hal buruk terjadi yang bisa mencegah Anda untuk memulihkan dompet Anda. Anda mungkin juga mempertimbangkan menggunakan media lain seperti kunci USB, kertas, dan CD.
  • Lakukan pencadangan secara teratur
Anda perlu mencadangkan dompet Anda secara teratur untuk memastikan semua perubahan alamat Bitcoin dan semua alamat Bitcoin baru yang Anda buat akan termasuk dalam pencadangan Anda. Bagaimanapun, semua aplikasi akan segera menggunakan dompet yang hanya perlu dicadangkan sekali.
Artikel menarik : Kata istilah dalam dunia Cryptocurrency
Enkripsi dompet Anda
Mengenkripsi dompet atau ponsel Anda memungkinkan Anda untuk mengatur kata sandi untuk mencegah orang lain menggunakan dana Anda. Hal ini membantu melindungi dari pencurian, meskipun tidak dapat melindungi dari perangkat keras atau lunak perekam ketikan.

Jangan lupakan kata sandi Anda
Pastikan Anda tidak pernah lupa kata sandi atau uang Anda akan hilang secara permanen. Tidak seperti bank, Bitcoin hanya menyediakan sangat sedikit pilihan untuk pemulihan kata sandi. Anda harus mengingat kata sandi Anda meskipun sudah bertahun-tahun tidak menggunakannya. Untuk jaga-jaga, Anda mungkin bisa menyimpan salinan kata sandi Anda di tempat yang aman seperti brankas.

Gunakan kata sandi yang kuat
Kata sandi yang hanya terdiri dari huruf saja atau kata yang mudah dikenali bisa dianggap sangat lemah dan mudah untuk dibobol. Kata sandi yang kuat harus mengandung unsur huruf, angka, tanda baca dan panjangnya paling tidak 16 karakter. Kata sandi yang paling aman adalah yang dibuat dengan program yang didesain untuk keperluan seperti ini. Kata sandi yang kuat biasanya sulit untuk diingat, sehingga Anda sebaiknya berhati-hati dalam mengingatnya.

Tetap jaga perangkat lunak Anda terbarui
Menggunakan perangkat lunak Bitcoin versi terbaru memungkinkan Anda untuk menerima perbaikan stabilitas dan keamanan yang penting. Pembaruan dapat mencegah berbagai tingkat keparahan, termasuk fitur baru yang berguna dan menjaga dompet Anda tetap aman. Menginstalasi pembaruan untuk semua perangkat lunak lain pada komputer atau ponsel Anda juga penting untuk menjaga lingkungan dompet Anda menjadi lebih aman.

Tanda tangan berganda untuk melindungi dari pencurian
Bitcoin memiliki fitur tanda tangan berganda yang memungkinkan sebuah transakasi membutuhkan beberapa persetujuan independen untuk dibelanjakan. Fitur ini bisa digunakan oleh sebuah organisasi untuk memberikan akses anggota-anggotanya terhadap sumber dana sembari hanya memungkinkan penarikan jika 3 dari 5 anggota menandatangani transaksi. Beberapa dompet web juga menyediakan dompet tanda tangan berganda, yang memungkinkan pengguna untuk tetap memiliki kendali atas uang mereka sembari mencegah pencuri mengambil dana dengan membobol sebuah perangkat atau sebuah server.
Artikel terpopuler : Situs cloud mining gratis dan terpercaya