Cara Mining Bitcoin dan Altcoin Terlengkap untuk Pemula hingga Mahir

Artikel Terkait Edukasi Cryptocurrency

Anda tertarik untuk menambang Bitcoin?

Menambang Bitcoin, Altcoin atau Cryptocurrency lainnya sama seperti halnya emas, yang dapat diperoleh dengan cara di tambang. Banyak yang bertanya tentang cara menambang Bitcoin (mining Bitcoin) agar mendapatkan hasil maksimal dan pastinya profit.
Saya menulis panduan GRATIS ini untuk membantu siapapun mulai dari pemula bitcoin hingga ke trader bitcoin untuk melakukan mining atau menambang bitcoin.

Apa itu Menambang Bitcoin atau Mining Bitcoin?

Mining Bitcoin atau Menambang Bitcoin adalah hal yang paling penting dalam perkembangan Bitcoin itu sendiri. Mengapa? Karena dengan proses penambangan yang dilakukan oleh para penambang Bitcoin (miner), setiap transaksi akan tervalidasi, terbangun, dan tersimpan dalam blok baru dalam blockchain.

Banyak yang beranggapan salah soal menambang Bitcoin, di mana ada yang menganggap bahwa semua kegiatan mencari Bitcoin seperti mencari Bitcoin gratis dengan faucet, Giveaway airdrop, dan Game bitcoin adalah kegiatan menambang Bitcoin.

Padahal sebenarnya menambang Bitcoin atau mining Bitcoin merupakan sebuah kegiatan menambang menggunakan perangkat tertentu, di mana dibutuhkan pemecahan matematika yang melibatkan sejumlah algoritma dan software.

Cara Mining Bitcoin dan Altcoin untuk Pemula

Cara Mining Bitcoin dan Altcoin untuk Pemula

Ini adalah hal terpenting dan wajib anda ketahui sebelum melangkah lebih jauh untuk mendapatkan bitcoin dengan cara menambang atau (mining bitcoin) :

2 Jenis pertambangan bitcoin terbaik di dunia

1. Bitcoin Miner
Ini adalah proses Menambang Bitcoin dengan Perangkat Mining khusus, selengkapnya baca disini mining bitcoin dan perangkat mining terbaik.

2. Cloud Mining
Ini adalah proses Menambang Bitcoin dengan Layanan Cloud Mining, selengkapnya baca disini cloud mining dan layanan cloud mining terbaik.

Jenis-jenis pertambangan bitcoin diatas mempunyai proses mining dan tujuan yang sama, yaitu proses penambangan yang dilakukan oleh para penambang (Bitcoin miner) / perusahaan, setiap transaksi akan tervalidasi, terbangun, dan tersimpan dalam blok baru dalam blockchain.

Perbedaan Bitcoin Miner dan Cloud Mining

Perbedaan antara bitcoin miner dan cloud mining terdapat pada tingkat kesulitan, orang yang menjalankan, memperbaiki, dan mengontrol proses mining. anda masih bingung? simplenya seperti ini :
1. Bitcoin Miner - Anda sebagai orang yang memiliki perangkat mining, menghubungkan perangkat ke kolam pertambangan (mining pool), mengkofigurasi software mining, mengontrol jalannya pertambangan, hingga melakukan penarikan hasil mining ke dompet bitcoin.
Sedangkan..
2. Cloud Mining - Anda menyewa perangkat mining milik perusahaan secara online di sebuah layanan situs cloud mining terpercaya atau situs cloud mining terbaik, tugas anda hanya melakukan pembelian kontrak mining dengan kecepatan pertambangan sesuai dengan apa yang anda inginkan, dalam jangka waktu tertentu tergantung pada layanan cloud tersebut.

Cara Mining Bitcoin untuk Pemula hingga Mahir

Setelah penjelasan diatas, dibawah ini saya akan memberikan panduan lengkap cara mining bitcoin untuk pemula dengan 2 jenis pertambangan diatas, yaitu dengan Bitcoin Miner dan Cloud Mining. Apakah anda tertarik mencobanya?

Opsi 1. Mining Bitcoin untuk pemula dengan Perangkat Mining

Cara Mining Bitcoin untuk pemula dengan Perangkat Mining
Untuk mulai menambang bitcoin dengan perangkat mining, ada beberapa hal yang harus anda siapkan terlebih dahulu, selengkapnya baca disini persiapan sebelum mining bitcoin.

Berikut adalah Cara Mining Bitcoin untuk pemula dengan Perangkat Mining (Bitcoin Miner) :

1. Pilih perangkat yang ingin anda gunakan dalam melakukan pertambangan bitcoin atau altcoin, selengkapnya baca disini harga dan spesifikasi perangkat mining bitcoin dan altcoin.

2. Siapkan software aplikasi mining bitcoin dan altcoin yang ingin anda gunakan untuk dihubungkan ke kolam pertambangan (mining pool), selengkapnya download disini software aplikasi mining terbaik untuk semua sistem operasi.

3. Setelah itu daftarkan diri anda sebagai penambang di kolam pertambangan, ini bertujuan untuk menghubungkan semua peralatan mining anda ke mining pool, selengkapnya silahkan buat akun anda pada situs mining pool terbaik yang mempunyai banyak bitcoin untuk ditambang.

4. Setelah keempat poin diatas selesai, selanjutnya lakukan konfigurasi perangkat mining ke kolam pertambangan (mining pool), bagaimana caranya? ini tergantung pada perangkat mining dan juga mining pool serta software yang digunakan.
Untuk mulai melakukan pertambangan silahkan baca pada artikel terkait berikut ini, dan pilih perangkat yang anda gunakan untuk mengikuti panduannya, artikel terkait : panduan cara setup dan konfigurasi perangkat mining.

5. Setelah selesai melakukan konfigurasi, selanjutnya anda harus punya jadwal khusus untuk melakukan perbaikan dan perawatan alat mining, ditunggu saja artikel berikutnya di website ini mengenai tips perawatan perangkat mining :)

6. Selanjutnya jika proses mining telah berjalan baik, maka untuk hasil mining bisa dipantau secara realtime di software atau aplikasi yang digunakan di komputer PC atau juga pada akun mining pool.

7. Untuk melakukan penarikan hasil mining, anda harus mempunyai dompet bitcoin, baca disini jenis-jenis dompet bitcoin terbaik.

8. Diatas adalah 8 poin penting dan lengkap mengenai cara mining bitcoin untuk pemula di perangkat mining, sebaiknya anda maksimalkan pemahaman terlebih dahulu, karena mining di perangkat khusus bukanlah sesuatu yang mudah, kecuali jika anda sudah punya mentor yang ahli pada bagian konfigurasi dan setup perangkat mining.

Opsi 2. Mining Bitcoin untuk pemula dengan Cloud Mining

Cara Mining Bitcoin untuk pemula dengan Perusahaan Mining
Pada opsi kedua ini adalah pilihan terakhir untuk tetap bisa mining bitcoin dan altcoin, yaitu dengan menyewa perangkat mining milik perusahaan secara online. berikut beberapa fakta tentang Cloud Mining :

1. Dengan Membeli kontrak cloud mining ini, pengguna Bitcoin tidak perlu repot lagi untuk mengurus perangkat mining seperti opsi 1 diatas, ataupun membeli alat pertambangan sendiri.

2. Umumnya, kontrak cloud mining ini berjangka waktu tertentu dan dengan kecepatan mining (share per GHS) yang ditentukan oleh penambang / pengguna jasa.

3. Untuk mulai menambang bitcoin dengan cloud mining, ada beberapa hal yang harus anda ketahui terlebih dahulu, tidak semua cloud mining itu terpercaya, berikut informasi cloud mining scam / penipu yang wajib anda hindari : daftar situs layanan cloud mining scam.

4. Dibawah ini adalah daftar cloud mining terbaik milik perusahaan mining yang sudah terpercaya dari bertahun-tahun yang lalu, saya memberikan rekomendasi karena telah mencobanya sendiri, cloud mining dibawah ini benar-benar milik perusahaan yang mayoritas adalah perusahaan penambang bitcoin dan cryptocurrency :

Berikut adalah Cara Mining Bitcoin untuk pemula dengan Perusahaan Mining (Cloud Mining) :

Cara menambang bitcoin & altcoin di cloud mining


Dari 2 pilihan cara mining bitcoin untuk pemula diatas, yang mana ingin anda coba? Sekian artikel panduan lengkap cara menambang Bitcoin untuk pemula atau cara mining bitcoin terlengkap 2019 di pertambangan bitcoin dan cloud mining, semoga bermanfaat untuk anda.