Semua Bisa Menjadi Trader, Berikut 3 Tipe Trader yang Wajib Diketahui

Artikel Terkait Edukasi Cryptocurrency
Apa itu Trader ?
Trader adalah pedagang atau orang, dalam keuangan, yang membeli dan menjual instrumen keuangan seperti saham, bitcoin, cryptocurrency, forex, obligasi, komoditas, derivatif, dan reksa dana dalam kapasitas agen, hedger, arbitrageur, atau spekulator.

Semua orang bisa menjadi trader, apapun background pekerjaan anda saat ini, dibawah ini adalah 3 tipe trader menurut adigunawan.net yang wajib anda ketahui.

Awalnya anda mungkin hanya penasaran, lalu mulai berani melakukan transaksi jual beli. Orang yang melakukan transaksi jual beli tersebut adalah sebagai trader, apakah anda sudah melakukan jual beli di trading exchange? jika pernah anda lakukan, maka anda adalah trader!! Semua bisa menjadi trader, apapun background pekerjaan anda.
3 Tipe Trader yang Wajib Diketahui

3 Tipe Trader Menurut AdiGunawan.Net

Dipasar trading exchange kita akan menemukan berbagai macam tipe trader, namun ada tiga tipe yang dapat saya simpulkan.

1. Trader Followers (Korban Kompor)

Tipe ini perlu anda hindari, biasanya hanya akan berakhir dengan kerugian. Melakukan trading karena hanya untuk mencoba peruntungan. Tipe trader ini bisanya bergabung kedalam banyak channel telegram berharap menemukan informasi untuk membeli atau menjual crypto (crypto signal).
Artikel terkait : Channel Telegram Signal Trading Bitcoin Terbaik
Menariknya channel telegram yang membagikan informasi jual beli cryptoasset saat ini juga memiliki agenda lain dibelakangnya. Pemiliknya punya tujuan untuk mengarahkan pasar, agar mendapatkan keuntungan besar. Jadi para pengikut channel hanya sebagai alat agar menimbulkan FOMO (Fear of Missing Out) atau ketakutan tertinggal momen yang bagus.

Untuk menghindari kemungkinan anda menjadi speculator trader, pastikan anda menguasai dasar-dasar trading dan belajar cara analisa teknikal dan fundamental. Melakukan research dan membuat rencana agar anda mengetahui crypto asset mana yang akan memberikan keuntungan dalam jangka pendek atau panjang.


2. Trader Investors (Cukong)

Jika anda menjadi investor, tentu intensitas trading tidak seperti day trader atau swing trader. Tipe investor dibagi menjadi dua bagian yaitu uninformed dan informed, yang tujuannya sama yaitu profit besar dalam jangka panjang.

- Uniformed
Investor uninformed biasanya menggunakan jasa orang lain untuk mengatur portofolio milik mereka. Hanya sesekali melakukan pengecekan untuk memastikan semua berjalan dengan lancar dan portofolio bertumbuh.
Saat ini sudah mulai banyak securities atau perusahaan pengelola dana investor beralih mengelola aset digital. Tentu anda perlu memeriksa dengan baik, karena market crypto asset lebih fluktuatif dari market pada umumnya.
Artikel lainnya : Robot Trading Terbaik di Binance Exchange
- Informed
Investor informed mengelola crypto asset secara mandiri. Melakukan research, analisa teknikal, analisa teknikal dan mempelajari pergerakan harga pada pasar, lalu menentukan waktu yang tepat untuk membeli crypto asset. Rata-rata investor informed menyimpan crypto asset nya dalam jangka yang panjang, sekitar 1-3 tahun didalam wallet cryptocurrency atau akun trading exhange meraka.
Artikel terkait : Panduan Analisa Teknikal dan Fundamental Trading Bitcoin

3. Trader Lifetime (Suhu Cukong)

Mereka yang benar-benar melakukan trading sebagai pekerjaan dan memiliki skill / kemampuan untuk melakukan analisa trading dengan baik. Artikel lainnya : Belajar Cara Analisa Teknikal Trading Bitcoin.

Trader Lifetime atau sering saya sebutkan suhu cukong ini juga dibagi menjadi 3 tipe, yaitu Scalper, Swing Trader, dan Day Trader, yang tujuan nya sama dengan semua tipe trader, yaitu profit. Selengkapnya : Penjelasan Trader Scalper, Swing Trader, dan Day Trader


Sekian edukasi trading tentang 3 Tipe Trader dalam Trading Menurut AdiGunawan.Net dan Cara Menjadi Trader Profesional dalam Meraih Profit, semoga berguna bagi anda, jika anda ingin mendapatkan keuntungan dari trading, pastikan jangan menjadi trader followers. Mulailah untuk belajar dasar dan teknik pada trading.