Cara Cepat Mengecek Saldo Wallet Token ERC-20 Ethereum

Artikel Terkait Wallet Cryptocurrency
Apa Itu ERC-20 Ethereum? - ERC-20 adalah standar teknis yang digunakan untuk kontrak cerdas pada blockchain Ethereum untuk menerapkan token.
  • ERC adalah singkatan dari Ethereum Request for Comment.
  • 20 adalah nomor yang ditugaskan untuk setiap permintaan.
Sebagian besar token yang dikeluarkan pada blockchain Ethereum adalah ERC-20 compliant. Untuk pemula yang masih bingung bagaimana cara mengecek saldo token ERC-20 yang dimiliki di wallet MyEtherwallet. Ada 2 cara cepat melakukan pengecekan saldo wallet ethereum dan token ERC-20, yaitu di website MyEtherWallet dan Etherscan. 2 situs ini terpercaya dan banyak digunakan oleh para pengguna ethereum dan pemburu token ERC-20.

2 Cara Cepat Mengecek Saldo Token ERC-20 & Ethereum

Perbedaan MEW dan Etherscan - MyEtherWallet memerlukan login untuk mengecek saldo sedangkan Etherscan tidak memerlukan login, tetapi Etherscan hanya untuk sekedar mengecek saldo wallet saja, dan secara otomatis tidak diperlukan registrasi.

#1 Cara Cek Saldo Token ERC-20 & Ethereum di Etherscan

Berikut adalah cara cepat mengecek saldo di Etherscan, pastikan Anda telah memiliki Wallet Ethereum dan Token ERC-20 seperti MyEtherWallet atau Metamask.

1. Buka alamat https://etherscan.io
mengirim token di myetherwallet

2. Cari field search disudut kanan atas
ethereum wallet erc20

3. Masukan alamat wallet Anda kemudian klik GO
tukar token di myetherwallet

4. Detail transaksi dan detail saldo serta token yang Anda miliki akan terlihat di bagian Token Balances
menambahkan token di myetherwallet

Dengan menggunakan etherscan maka Anda hanya bisa melihat saldo yang Anda miliki dan jika Anda berniat untuk mengirimkan Ethereum dari wallet yang Anda miliki maka gunakanlah MyEtherWallet.

Anda dapat melihat semua jenis transaksi yang telah Anda lakukan, jumlah token yang dimiliki, alamat wallet Ethereum dan juga saldo keseluruhan token atau ethereum Anda.

Pada artikel terkait dibawah ini telah saya jelaskan cara mentransfer token atau ethereum ke wallet lain menggunakan MyEtherWallet.
Artikel terkait : Cara transfer token/ethereum dengan MyEtherWallet

#2 Cara Cek Saldo Token ERC-20 & Ethereum di MyEtherWallet

Mungkin beberapa dari anda ada yang mengikuti program bounty, airdrop, atau ico, tapi masih bingung bagaimana cara mengecek saldo token yang dimiliki di MyEtherwallet. Padahal anda telah memiliki token ERC20 ethereum dari hasil program yang diikuti, tetapi tidak tahu bagaimana cara mengeceknya.

Sedangkan untuk anda yang sudah tahu cara cek saldo token di myetherwallet tapi saldo tokennnya kok nggak muncul. Padahal token hasil dari bounty atau airdrop sudah dikirim ke alamat ETH di Myetherwallet, silahkan baca artikel cara menambah token di myetherwallet (mew).

Berikut cara cepat dan mudah untuk mengecek saldo ethereum dan token erc20 :
1. Buka situs Myethewallet.com, pilih Send Ether & Tokens
2. Login akun anda menggunakan Keystore File atau Private key
3. Jika sudah Login, lalu Klik Load Token Balances pada nama token yang ingin di cek :
cek saldo token di mew

Ask : Bagaimana menampilkan token yang saya terima jika token tersebut tidak terdaftar di list default token mew?

Jawabannya dengan menambahkan secara manual contract address dari token tersebut di menu "add custom token", baca selengkapnya di artikel berikut ini : Menambah daftar token di wallet MEW.

Demikianlah Cara Tercepat Mengecek Saldo Token ERC-20 dan Ethereum dengan Wallet MyEtherWallet dan Etherscan, semoga bermanfaat dan bisa membantu.