Tips Penting Mengikuti Airdrop Token & Persiapan Sebelum Mengikuti Airdrop

Artikel Terkait Edukasi Cryptocurrency
Akhir-akhir ini Airdrop token marak digencarkan developer token karena selain agar token mereka dikenal orang, sekaligus juga menjadi sarana promosi yang baik. Namun banyak juga airdrop token yang menyediakan yang sudah ditentukan kapan token akan dirilis tetapi ujung-ujungnya scam.

Tips Mengikuti Airdrop & Persiapan Mengikuti Airdrop

Berikut ini saya berikan pemahaman kepada anda mengenai: Pengertian Apa Itu Airdrop, Pengertian Airdrop Token, Tips Mengikuti Airdrop dan Cara Mengikuti Airdrop.
Tips Mengikuti Airdrop, Persiapan Mengikuti Airdrop, Cara Mengikuti Airdrop

Apa Itu Airdrops?

Airdrops adalah distribusi token atau koin cryptocurrency, biasanya dibagikan gratis, ke sejumlah besar alamat dompet. Airdrops terutama diimplementasikan sebagai cara untuk mendapatkan perhatian dan pengikut baru untuk token tersebut, serta untuk menghasilkan basis pengguna yang lebih besar.


Apa Itu Token Erc-20?

Saat ini Token inilah yang banyak sekali melakukan event airdrops untuk mendapatkan lebih banyak pengguna baru dan holder token.

Token ERC20 adalah sebuah token atau cryptocurrency yang menggunakan teknologi blockchain ethereum sebagai sebuah server dan virtual machine (mesin virtual) melaui fitur smart contract yang di sediakan oleh teknologi blockchain ethereum.


Tips Mengikuti Airdrop

1. Pilihlah token yang Jelas
Pilihkan token yang memiliki roadmap atau target kedepanya yang jelas, paling tidak ada update informasi setiap minggu. Selain itu kita juga harus melihat apakah token yang kita ikuti mengadakan ICO atau tidak. Mengapa? Silahkan simak tips berikutnya.

2. Token yang mengadakan ICO lebih baik
Melanjutkan tips sebelumnya, token yang mengadakan ICO jelas-jelas memiliki roadmap kedepanya karena dengan adanya ICO project, mereka punya perencanaan siap berjalan. Kalau token gratis tanpa ICO berkemungkinan bisa saja project mereka tidak dapat diterima publik.

3. Cari tahu apakah ada Advisor atau media yang mengulasnya
Apa itu Advisor? advisor singkatnya adalah sesorang yang merekomendasikanya dan sekaligus juga investor di token tersebut sedangkan media adalah surat kabar (online/offline) yang membahas dan mengulas tentang token yang akan anda ikuti dan sekaligus juga menjadi advisor token.

Apa hubunganya advisor dan media? jika ada advisor pastinya ada yang merekomendasikan dan jika ada media yang mengulasnya secara otomatis token tersebut pasti sudah memiliki nilai fositif dan masa depan yang baik.


Persiapan Mengikuti Airdrop

1. Wallet Ethereum Token / Wallet ERC-20
Sudah dipastikan anda memerlukan wallet untuk menampung token hasil airdrop. Rekomendasi wallet : Wallet Penyimpanan Token ERC-20 & Airdrop Terbaik.

Anda mungkin berpikir bahwa menyimpan di exchange aman karena mereka perushaan raksasa, tetapi tidak salahnya untuk lebih berhati-hati dengan token airdrop anda.

Lebih aman lagi, apabila anda membeli hardware wallet terbaik karena mereka tidak mungkin bisa di hack orang karena wallet tersebut tidak terhubung dengan internet.

2. Akun Sosial Media
- Akun Twitter
Walaupun banyak media sosial lain nya seperti facebook dan Instagram, Twitter masih menjadi sosial media yang nomor satu untuk berita crypto karena re-tweet lebih gampang dari pada share post di facebook. Ini membuat perusahaan crypto lebih banyak di Twitter ketimbang facebook karena marketing melalui Twitter lebih mencakup banyak orang.

- Akun Facebook
Anda tidak wajib mempunyai ini karena tidak semua airdrops mempunyai halaman facebook. Tetapi, sedia payung sebelum hujan, alangkah baiknya anda persiapkan, setidaknya untuk mencari referral dan bonus airdrops lewat afiliasi.

3. Akun Sosial Messaging
- Akun Telegram
Ini adalah salah satu aplikasi pesan yang sangat penting untuk Airdrops dan pemain Crypto. Mereka biasanya akan mempunyai grup di telegram untuk pengumuman, contohnya adalah kapan airdrops akan dikeluarkan di pasar crypto, berita tentang partnership, dan lain-lain.

Pastikan anda untuk tidak keluar dari grup Telegram tersebut sampai anda mendapatkan Koin tersebut di wallet anda. Apabila anda langsung keluar dari grup tersebut, anda sudah dipastikan tidak akan dapat airdrops yang dibagikan.

- Email
Airdrops akan mengirimkan email untuk konfirmasi KYC (Know Your Customer) atau fomulir untuk diisi untuk mengikuti airdrops.


Cara Mengikuti Airdrop?

Cara mengikuti airdrop berbeda-beda untuk setiap token nya, pada umumnya mereka meminta anda untuk bergabung di akun sosial messaging, seperti telegram.
Kemudian mereka memberi beberapa perintah untuk anda berbagi informasi di akun sosial media, seperti twitter, mere-tweet posting twitter, berbagi di facebook, dll

Dimana mengikuti airdrop?
Cek situs web ini setiap hari karena saya akan mengupdate informasi airdrops terbaru kedepannya, untuk airdrop yang pernah saya bagikan anda bisa membaca disini : informasi bounty campaign dan airdrops terbaru.

Situs informasi airdrops terbaru
Berikut informasi tambahan yang mungkin berguna bagi anda para pemburu airdrops, dibawah ini adalah beberapa list dan kumpulan situs yang memberikan informasi airdrops terbaru :
  1. airdropalert.com
  2. airdrops.io
  3. topicolist.com/airdrops
  4. airdropster.com
  5. icotokennews.com
Apa Itu Airdrop, Pengertian Airdrop Token ERC-20, Tips Mengikuti Airdrop


Tips Setelah Mengikuti Airdrop :
- Private Key
Jangan pernah memberikan Private Key anda kepada siapapun. Private Key anda adalah password untuk masuk ke wallet anda.

- Deposit untuk mendapat koin
Airdrops yang melakukan deposit ataupun meminta anda untuk mengirim koin yang lain ke sebuah address bisa berkemungkinan scam coin. Saya pastikan 80% anda bahwa anda akan tertipu, kecuali jumlah deposit nya 0 seperti airdrop siacashcoin (SCC) yang memenangkan koin voting indodax kemarin.

- Check sources
Apabila sebuah perusahaan melakukan aidrops, mereka akan melakukan airdrops dengan akun twitter atau facebook dan mereka biasanya mempunyai sebuah website. Airdrops yang tidak memiliki website wajib untuk anda curigai dan hindari, karena website adalah hal utama untuk kemajuan dan informasi penting untuk sebuah crypto dan airdrops.

- Gabung di grup Sosial Messaging
Biasanya project-project yang masa depanya baik memiliki follower telegram yang besar dan juga admin yang ramah dan siap menjawab pertanyaan member. Selain itu juga telegram menjadi sarana mereka bisa berinteraksi dan berbagi update terbaru tentang project mereka.

- Bertanya tanggal rilis lebih penting daripada pertanyaan soal harga
Tanggal rilis lebih penting daripada harganya karena jika token tidak dirilis sama saja harga token tersebut adalah 0. Selain itu, tanyakan juga di exchange mana mereka akan rilis dan jika mereka belum menjawab ya ditunggu saja. Jika sudah dapat tanggalnya catatlah di secarik kertas atau dikalender :)

- Patience is a key element of Succes
Mengutip dari kata-kata Bill Gates. Memanglah benar kesabaran adalah kunci kesuksesan karena dengan kesabaran kita bisa lebih santai. Kita bisa menunggu tanggal rilis misalnya dengan trading harian atau dengan melakukan aktifitas lain.



Itulah Pengertian Apa Itu Airdrop, Pengertian Airdrop Token ERC-20, Tips Mengikuti Airdrop, Persiapan Mengikuti Airdrop, Cara Mengikuti Airdrop dan Tips Setelah Mengikuti Airdrop, semoga bisa bermanfaat, agar tidak ketinggalan update dari blog ini jangan lupa untuk bookmark dan jika ada pertanyaan anda bisa meninggalkan komentar dibawah.