Pemahaman Tentang Altcoin & Jenis-Jenis Altcoin Terbaik

Artikel Terkait Edukasi Cryptocurrency
Pada pembahasan kali ini, kita akan mencoba mengupas tentang Apa itu Altcoins dan mengapa mereka begitu penting dalam keberlangsungan pasar mata uang digital.

Pengertian Altcoin

Apa Itu Altcoin? Kata Altcoin dapat diartikan pada dua kepanjangan, yaitu "Alternative Coin" dan "Alternative Bitcoin".

Sedangkan Altcoin itu sendiri adalah kata jamak dari Altcoin yang menunjukkan jumlah yang banyak. Awalnya Altcoin dimaksudkan sebagai Alternative Bitcoin, karena setidaknya sampai batas jumlah tertentu, kebanyakan Altcoin diharapkan dapat "mengganti" atau "memperbaiki", setidaknya satu komponen kekurangan yang telah dimiliki Bitcoin.

Contoh saja, saat ini Bitcoin sedang mengalami masalah skalabilitas yang menyebabkan validasi transaksi menjadi sangat terlambat, dan biaya transaksi menjadi sangat mahal.

Mengutip data dari situs Blockchain.info, sekarang ini minimum proses validasi 1 transaksi Bitcoin memiliki rentang waktu 38 menit, sedangkan maksimumnya bisa mencapai hingga 1,188 menit (19.8 jam); itu waktu yang relatif lama untuk sebuah transaksi.

Kemudian, biaya untuk rata-rata setiap transaksi pada Bitcoin saat ini membutuhkan sekitar $35 - $41. Angka yang tidak masuk akal pada saat kita ingin mentransfer $100 senilai Bitcoin, tetapi memerlukan $35 untuk biaya transaksinya (sekitar 30%). Hal inilah yang kemudian membuat peran Altcoin sangat dibutuhkan saat ini.

Dari berbagai masalah tersebut, beberapa Altcoin bahkan sudah menyediakan fasilitas hampir bebas biaya transaksi ataupun bebas transaksi, dan juga menawarkan skalabilitas yang super besar. Sebut saja IOTA yang saat ini menempati ranking ke-7 dari keseluruhan mata uang kripto yang beredar. IOTA memiliki biaya transaksi micro, artinya hanya kisaran 0.00001 IOT yang dibebankan untuk setiap transaksi.

Contoh lainnya adalah NEM (XEM) yang sudah memperkenalkan fitur skalabilitas tinggi dan transaksi bebas biaya dengan menggunakan saluran saham milik mereka sendiri. Skalabilitas yang ditawarkan oleh NEM (XEM) adalah mampu untuk memproses jutaan transaksi per-detiknya, sedangkan transaksi bebas biaya dapat dilakukan dengan menyimpan beberapa keping NEM pada suatu akun, sehingga bisa dianggap seperti "bunga" untuk keberlangsungan jaringan NEM.
Pengertian Altcoin dan Jenis-Jenis Altcoin

Altcoins yang menduduki posisi paling atas

  • Ethereum (ETH) dengan fitur Smart Contracts.
  • Ripple (XRP) dengan fitur adopsi multi chain dan perbankan konvensional.
  • Bitcoin Cash (BCH), mata uang kripto hasil Hard Fork 1 Agustus 2017 yang memiliki tinggal skalabilitas empat kali lipat dari Bitcoin Classic (BTC).
  • Litecoin (LTC), yang diunggulkan sebagai Bitcoin versi baru, tanpa masalah skalabilitas, dan dengan proses transaksi yang super cepat.

Jenis-Jenis Altcoin Terbaik

Sekarang ada sekitar 1,373 Altcoins yang sudah tercipta dan beredar di pasar global (menurut data dari Coinmarketcap.com). Bahkan dalam sebulan terakhir, angka Altcoin naik sekitar 13 koin baru. Untuk melihat jenis-jenis altcoin terbaik anda bisa langsung melihat ulasan nya yang telah saya tulis disini : Top 10 Altcoin Terbaik 2019

Peran Penting Altcoin

Banyak pendapat dari Bitcoin Mania yang mengatakan bahwa Altcoins sebenarnya tidak dibutuhkan sama sekali, dan mereka tidak akan berhasil menyaingi infrastruktur Bitcoin sebagai penggagas dan pencetus blockchain untuk pertama kali.

Altcoin tetap memiliki peran yang sangat penting mengingat "Decentralized" adalah salah satu tujuan Bitcoin yang paling utama, dan Altcoin men-desentralisasi komunikasi kriptografis lebih jauh lagi.

Selain itu, Altcoin memungkinkan pengembang/developer untuk bereksperimen dengan berbagai fitur lain, meskipun memang Bitcoin mampu untuk menyalin fitur tersebut jika pengembang dan komunitas menginginkannya.

Altcoins juga berfungsi sebagai "pecut" untuk pengembang Bitcoin agar selalu mempertahankan kredibilitasnya sebagai mata uang kripto yang paling berharga, jika tidak ingin disalip oleh juniornya yang memiliki segudang inovasi dan manfaat yang unik.

Altcoin Pertama Yang Diciptakan

Pasti banyak yang tidak mengetahui apa sebenarnya Altcoin yang pertama kali diciptakan menyusul penciptaan Bitcoin pada tahun 2009. Sebut saja "Namecoin" yang dibuat pada bulan April 2011 silam.

Namecoin adalah sebuah Altcoin yang pertama kali diciptakan untuk tujuan mendesentralisasi registerasi nama domain, yang membuat sensor internet menjadi jauh lebih sulit.

Selama beberapa tahun, Namecoin berhasil mempertahankan nilainya di Sepuluh Besar Mata Uang Kripto yang beredar. Namun, saat ini kita tidak akan menemukannya pada jajaran tersebut, karena Namecoin saat ini tenggelam hingga ke peringkat 190.

Membeli Altcoin

Anda bisa membeli berbagai altcoin pada situs exchange, untuk lebih jelasnya silahkan baca disini : Situs trading exchange terbaik.