Panduan Universa Blockchain (MainNet) Token UTN & UTNP Terlengkap

Artikel Terkait Teknologi Blockchain
Jumpa lagi dengan pembahasan tentang token Universa (UTN), bagi Anda yang telah mengikuti panduan saya pada tanggal 30 Oktober 2017 lalu, dimana pada panduan tersebut saya telah memberikan Review dari Sistem Token Universa dan juga Cara Membeli Token Universa saat ICO di tahun 2017 lalu, Anda yang ketinggalan tentang ulasan tersebut bisa membaca nya di artikel ini Review Token Universa & Cara Membeli ICO Universa.

Sudah hampir 3 tahun berlalu, sudahkah Anda withdraw hasil dari pembelian ICO Universa (UTN)? Atau bagi anda yang mendapatkan token Universa dari hasil afiliasi / referral, dan mungkin juga ada yang mendapatkan token UTN tersebut dari program "bounty invite friends to join". Apakah token Universa (UTN) tersebut masih anda simpan?

Jika masih, mungkin seiring waktu anda menyimpan token universa, Anda pernah bertanya tentang hal-hal dibawah ini :
  • Bagaimana Cara Withdraw Token Universa (UTN) ke Universa Blockchain (MainNet)?
  • Bagaimana Cara Withdraw Token UTN dari Mainnet?
  • Bagaimana Menukar Universa UTN ke Token UTNP?
  • Bagaimana Cara Withdraw Token UTNP ke Wallet MyEtherWallet.com?

Untuk teman-teman dari luar indonesia, beberapa ada yang bertanya seperti ini
For my friends from outside Indonesia, I have asked like this
  • How to Withdraw Token Universa (UTN) to Universa Blockchain (MainNet)?
  • How do I Swap UTN Tokens from Mainnet?
  • How to swap universa UTN to UTNP tokens?
  • How to withdraw UTNP tokens to MyEtherWallet.com?

Untuk menjawab pertanyaan diatas, dibawah ini adalah panduan lengkap universa blockchain (mainnet) dalam melakukan withdraw token UTN ke universa mainnet, hingga cara convert / exchange Token UTN ke Token UTNP.
Below is the complete universa blockchain (mainnet) guide in withdrawing UTN tokens to the universal mainnet, how to swap UTN Token to UTNP Tokens. please translate this page.

Pemahaman Penting Tentang Token UTN & UTNP ERC-20

  1. Perlu anda ketahui bahwa dalam proses launching, token UTN tidak diperdagangkan di bursa exchange, tetapi sebagai bagian dari alat pembayaran untuk setiap project-project yang terdapat di universa blockchain protocol. UTN menggunakan sistem kontrak cerdas (smart contract) pada jaringan mainnet.
  2. Sedangkan UTNP juga sebagai alat pembayaran di universa blockchain tetapi untuk pembelian token UTN, jadi UTN bisa Anda dapatkan dengan membelinya menggunakan UTNP, sedangkan UTNP bisa didapatkan dengan membelinya di bursa/exchange.

Pembaruan Situs Token UTN Check

Terdapat pembaruan dari pihak Universa, salah satunya untuk mengecek saldo token universa yang telah kita miliki, saat ini tidak dapat dilakukan di halaman : https://check.universa.io, tetapi telah dipindahkan ke halaman : https://check.universablockchain.com

Perbedaan Token UTN dengan Token UTNP

UTN dan UTNP menggunakan jaringan protokol yang berbeda, tetapi pada 1 perusahaan yang sama yang telah mensinkronkan masing-masing fungsi dan tujuan dari Univesa itu sendiri dalam menjalan project-project yang telah direncanakan sesuai whitepaper yang diterbitkan.
  1. Token UTNP menggunakan jaringan Ethereum ERC-20 yang telah sinkron dengan sistem universa blockchain (mainnet) sebagai alat pembayaran untuk pembelian token Universa (UTN).
  2. Sedangkan Token UTN menggunakan jaringan mainnet sebagai alat pembayaran internal dalam sistem kontrak cerdas pada platform blockchain protocol milik universa.
Terdapat banyak perbedaan, tetapi saya hanya bisa menyampaikan 2 poin penting itu saja pada artikel kali ini.

Situs Akses Sistem UTN & UTNP

Perlu di bookmark agar mempermudah Anda dalam melakukan withdraw utn ke mainnet, melalukan exchange utn ke utnp, dan withdraw utnp ke wallet eksternal erc-20 atau ke exchange support (IDCM, Cobinhood, Ethfinex, Livecoin & CoinBene : Update Mei 2019).
  1. Platform UTN Checker, untuk mengecek saldo token universa UTN (saat pembelian ICO / hasil bounty / hasil giveaway / afiliasi / dll) : https://check.universablockchain.com
  2. Platform Universa Blockchain (MainNet), untuk menyimpan saldo UTN yang dikirim dari plarform UTN checker : https://access.mainnetwork.io
  3. Platform Beta Universa Network, untuk melakukan pertukaran (exchange) atau convert token UTN yang dikirim dari paltform Universa Blockchain (MainNet) ke token UTNP ERC-20, ini juga bisa untuk withdraw token UTNP ke wallet eksternal token ERC-20, seperti MyEtherWallet, serta juga memungkinkan untuk withdraw ke exchange support.

Catatan : Untuk proses withdraw cukup gunakan 1 private key saja untuk mengakses 3 platform diatas dan platform milik universa yang lainnya, karena jika berbeda private key, Anda bisa saja kehilangan token karena tidak menggunakan 1 akun & private key.
Cara Withdraw Token UTN & UTNP

Cara Withdraw Token UTN & UTNP di Platform Universa

Berikut ini adalah poin utama yang perlu diikuti, banyak teman-teman yang masih bingung untuk proses withdraw token utn, sehingga mereka lebih memilih tetap menyimpannya, padahal token utn bisa di konversikan ke token utnp jaringan erc-20 dan bisa di perdagangkan di bursa exchange yang mendukung.

Dibawah ini merupakan panduan lengkap melakukan pemindahan token universa dari UTN Checker ke Universa MainNet, cara menukar token UTN ke UTNP, hingga cara withdraw UNTP ke Wallet MyEtherWallet (MEW).

Catatan : Ikuti panduan sesuai urutan, cukup gunakan 1 private key untuk banyak platform universa (jangan gunakan banyak private key) agar akun anda sinkron hingga proses withdraw nanti.

1. Withdraw UTN dari UTN Checker ke Universa MainNet

Cara menarik UTN dari hasil pembelian di Program Token Sale (ICO) atau Bounty ke Akun Universa MainNet membutuhkan pengajuan melalui email, ini berlaku untuk semua pemegang / holder token UTN dari saat ICO 2017 lalu hingga saat ini.

Langkah 1 : Membuat Akun Universa MainNet

1) Kunjungi situs universa blockchain (mainnet) dan daftarkan akun Anda dengan klik Log In or Sign Uphttps://access.mainnetwork.io/contracts/
Membuat Akun Universa MainNet
2) Klik tab Register
- Masukkan nama anda pada bagian Nickname.

- Pada bagian Anyone can find me by this nick boleh anda centang atau tidak
Ini lebih mengarah ke privasi akun anda, apakah Anda ingin bisa ditemukan dengan nickname atau tidak nantinya pada halaman chat atau fitur-fitur lain di akun.

- Pada bagian Generate untuk Key pair name, klik jenis bit key, yaitu 2048 atau 4096.
Kunci 2048 bit harus memadai untuk penggunaan dasar. Kunci 4096 bit memberikan tingkat keamanan tertinggi. Disini saya menggunakan kunci 2048 bit untuk key pair name.
Withdraw UTN dari UTN Checker

- Setelah klik jenis bit key, maka private key akan otomatis di download di web browser Anda.
- Selanjutnya klik Register
Panduan Universa Blockchain

- Berikut adalah halaman pertama yang akan Anda jumpai setelah melakukan registrasi akun universa blockchain mainnet sesuai dengan panduan di atas.
Universa Blockchain (MainNet)

- Hal pertama yang terpenting yang harus dilakukan adalah mengecek ulang Private Key yang telah terdownload otomatis pada saat mendaftar.

- Silahkan simpan Private Key akun universa blockchain Anda di tempat yang aman.

Catatan : Jika private key tersebut terhapus atau hilang di media penyimpanan Anda dengan tidak sengaja, tetapi akun universa di web browser dalam keadaan login, Anda masih bisa mendownload Private Key Universa tersebut pada halaman Keys di bagian tab sebelah kiri akun.
Token UTN dan UTNP

- Tahap berikutnya setelah membuat akun Universa Blockchain (MainNet), silahkan diikuti pada langkah 2 dibawah ini

Langkah 2 : Membuat Pengajuan Withdraw ke Universa MainNet

Tahap selanjutnya adalah dengan menghubungi pihak Universa melalui e-mail untuk membuat pengajuan Withdraw UTN ke akun Universa MainNet yang telah Anda buat.

1) Anda wajib menggunakan email yang sama dengan email akun UTN Checker (check.universablockchain.com) untuk membuat pengajuan ini.

2) Kirim pesan pengajuan ke email urs@universa.io (Universal Reserve System).

3) Keterangan pesan

Subject : UTN token delivery
Isi Pesan :
Submission Withdraw UTN to Universa Blockchain (MainNet)
Email : MASUKKAN EMAIL ANDA
Balance : MASUKKAN SALDO UTN ANDA

Contoh email pengajuan :
Pengajuan Withdraw ke Universa MainNet

Langkah 3 : Merubah Password Akun UTN Checker

Langkah ini wajib Anda lakukan untuk mengkonfirmasi kepada pihak universa bahwa Anda telah aktif kembali menggunakan akun, tentunya dapat mempercepat proses pengajuan withdraw.

1) Masuk ke akun UTN Checker di https://check.universablockchain.com.

2) Klik tombol Change token retrieval password.

3) Isi kata sandi baru dan ulangi kata sandi baru, lalu klik Change password untuk proses withdraw token Anda.
Merubah Password Akun UTN Checker

Berikut halaman yang tampil setelah perubahan password selesai
Merubah Password UTN Checker
Berikutnya adalah menunggu balasan email pengajuan withdraw dari pihak UTN, silahkan ikuti langkah 4 dibawah ini untuk tahap selanjutnya.

Langkah 4 : Proses Withdraw UTN ke Universa MainNet

Pada langkah ini adalah tahap proses penarikan dan konfirmasi akun, yang bertujuan untuk menghubungkan akun UTN Checker dengan akun Universa Blockchain (MainNet), proses withdraw dan tahap konfirmasi ini dilakukan dengan memasukkan password baru yang telah anda atur pada langkah 3.

1) Buka akun Universa Blockchain (MainNet) di https://access.mainnetwork.io/contracts/.

2. Aktifkan tab Login, upload Private Key akun Anda, Lalu klik Login.
Atau anda juga bisa login dengan Nickname + password (disarankan login dengan private key).
Proses Withdraw UTN ke Universa MainNet

Berikut halaman pertama yang tampil setelah login akun Universa Blockchain
Withdraw UTN Universa MainNet

3) Jangan keluar dari akun Anda, biarkan akun tetap terbuka di tab browser.

4) Buka balasan pesan dari urs@universa.io di email anda.

Berikut tampilan pesan email dari urs@universa.io (Universal Reserve System).
UTN Checker

5) Klik link konfirmasi untuk untuk menghubungkan UTN Checker dengan Universa Blockchain (MainNet).

Link konfirmasi tersebut berwarna biru yang saya sensor di bawah ini :
Universa UTN Blockchain (MainNet)

6) Berikutnya anda akan diarahkan ke halaman konfirmasi, dibawah ini adalah tampilan halaman konfirmasi password akun UTN Checker.

Silahkan masukkan password akun UTN Checker Anda, lalu klik proceed.
password akun UTN Checker

7) Setelah proses konfirmasi akun UTN Checker selesai, Anda akan diarahkan ke akun Universa Blockchain MainNet. Jika tidak diarahkan otomatis, Anda hanya perlu membuka akun Universa Blockchain MainNet di tab baru browser Anda.

8) Saat yang ditunggu-tunggu telah tiba :) Saldo Token UTN pada akun UTN Checker akan segera dikirim ke akun Universa Blockchain MainNet oleh sistem. Hanya perlu menunggu sekitar 1 jam atau bahkan lebih lama (tergantung pada jaringan UTN saat itu).

9) Untuk mengecek withdraw berhasil / saldo UTN telah masuk, silahkan klik tab Contracts pada akun Universa MainNet.

Berikut tampilan setelah saya melakukan withdraw sejumlah 55645 Token UTN ke akun Universa MainNet dengan status Approved :
Withdraw UTN ke Universa MainNet

10) Semua tahap Withdraw UTN ke Universa MainNet telah selesai. Lalu bagaimana untuk menukar token UTN ke token UTNP? Silahkan ikuti panduan nomor 2 dibawah ini agar Anda bisa melakukan swap atau menukar token UTN ke token UTNP.


2. Menukar / Swap UTN ke UTNP di Universa MainNetwork

Untuk bisa trading atau menyimpan UTNP di wallet lain tentunya harus punya token tersebut, jika token Anda masih dalam bentuk UTN, artinya harus melakukan swap terlebih dahulu. Dibawah ini adalah panduan melakukan swap atau menukar token UTN ke Token UTNP.

Syarat melakukan swap UTN Token ke UTNP Token pada akun Universa Blockchain MainNet :
  • Saldo U Token sebagai biaya transaksi.
  • Private Key Wallet Universa Blockchain MainNet.
  • Private Key Contract UTN Token.
  • Private Key Contract U Token.
  • Akun Beta Universa Network sebagai tempat transaksi swap.
  • Wallet Token ERC-20 atau Wallet Address pada akun Bursa / Exchange yang support trading UTNP juga bisa. Intinya wallet address digunakan sebagai tempat menyimpan UTNP Anda.

Catatan Penting :
  1. Proses swap tidak seperti proses withdraw diatas yang bisa gratis tanpa fee.
  2. Swap akan dikenakan biaya transaksi, dengan pembayaran menggunakan U Token, U Token ini adalah salah satu alat pembayaran pada jaringan smart contracts Universa Protocol.
  3. Untuk mendapatkan U Token anda bisa membelinya dengan menggunakan saldo UTN Token yang telah anda miliki pada akun.
  4. Harga untuk 1 U Token adalah 3.1226999997 UTN (harga dapat berubah ubah)
Swap UTN ke UTNP di Universa

Langkah 1 : Menyiapkan U Token Sebagai Fee Transaksi

1. Masuk ke akun Universa MainNet di https://access.mainnetwork.io/contracts
2. Beli U Token. Klik Reserve more U pada bagian samping kiri akun.

(Penting) Berapa jumlah U Token yang perlu disiapkan?

Agar tidak terlalu banyak menghabiskan saldo UTN untuk pembelian U Token, Anda perlu menyiapkan U Token sesuai kebutuhan saja. Untuk 1 transaksi swap atau pertukaran UTN ke UTNP membutuhkan biaya transaksi sejumlah 2 U Token.
  • Minimal swap/menukar UTN ke UTNP : 150 UTN / Transaksi
  • Maksimal swap/menukar UTN ke UTNP : 10000 / Transaksi

(Contoh) Menentukan jumlah U Token yang perlu disiapkan

- Jika memiliki kurang dari 10000 UTN, maka Anda harus menyiapkan 2 U Token untuk membayar biaya 1 kali transaksi swap saja.

- Anggap saja anda memiliki 20000 UTN pada akun Universa Blockchain MainNet. Maka :
  • Anda perlu menyiapkan 4 U Token
  • Membutuhkan 2 kali transaksi swap, karena jumlah maksimal 1 transaksi swap/pertukaran adalah 10000 UTN.

- Jika saldo UTN yang ingin di swap lebih dari 20000 UTN, maka anda harus menyiapkan U Token dengan jumlah kelipatan 2 dari setiap 10000 UTN yang Anda miliki. Misalkan saldo UTN yang ingin di Swap :
  • Swap : 30000 UTN, fee : 6 U token, jumlah transaksi : 3
  • Swap : 35000 UTN, fee 8 U token, jumlah transaksi : 4
  • Swap : 40000 UTN, fee 8 U token, jumlah transaksi : 4
  • Swap : 45000 UTN, fee 10 U token, jumlah transaksi : 5
  • Swap : 50000 UTN, fee 10 U token, jumlah transaksi : 5
  • Swap : 100000 UTN, Fee 20 U token, jumlah transaksi : 10
  • Dan seterusnya.. (setiap transaksi swap membutuhkan : 2 U token, maksimal pertransaksi : 10000 UTN)

3. Untuk membeli U Token menggunakan UTNP, isi jumlah pembelian di bagian Reserve more U
membeli U Token menggunakan UTNP

4. Isi jumlah pembelian di bagian Reserve U for UTN, Jika membeli U Token menggunakan UTN.
5. Lalu klik Reserve
membeli U Token menggunakan UTN
Catatan : Sebelumnya saya sudah memiliki saldo 1 U Token dengan pembayaran menggunakan saldo UTN. Di pembelian kedua ini juga dengan metode pembayaran yang sama, yaitu dengan UTN yang tersimpan di akun (hasil withdraw dari UTN Checker). Total pembayaran yang saya lakukan sejumlah 12.4907999988 UTN untuk 4 U Token.

6. Berikut tampilan jika pembelian U Token berhasil dengan status Approved
pembelian U Token

Langkah 2 : Persiapan Proses Swap UTN Token ke UTNP Token

Silahkan ikuti panduan dibawah ini dengan teliti agar bisa melakukan pertukaran UTN ke UTNP

1. Saya yakin anda telah memiliki saldo U Token, jika telah mengikuti panduan pada tahap nomor 2 di atas.

2. Saya juga begitu yakin Anda pasti telah menyimpan Private Key akun Universa Blockchain MainNet sesuai dengan saran saya pada tahap nomor 1 di langkah 1 diatas.

3. Untuk Private Key Contract UTN Token, saya kurang yakin Anda menyimpannya, pada poin di atas juga belum saya jelaskan. Berikut panduannya :

- Klik Contract pada akun Universa Blockchain MainNet (https://access.mainnetwork.io/contracts/)
Persiapan Proses Swap UTN Token

- Pada daftar contract, pilih Wallet (Jumlah saldo UTN Anda), contoh di gambar di atas Wallet (55645.327300004)

- Lihat dibagian samping kanan, Klik tanda titik tiga (...)
Private Key akun Universa Blockchain MainNet

- Lalu pilih download the contract only, ini adalah Contract Key UTN yang akan kita gunakan, simpan Contract Key tersebut dengan baik.
Private Key Contract UTN Token

- (Optional) Pilih download whole transaction pack, ini juga Contract Key UTN tetapi ia memiliki data kontrak yang lengkap. Simpan sebagai data penting Anda.
Download Private Key Contract UTN Token
Nantinya whole transaction pack juga bisa digunakan, tetapi pada panduan ini saya menggunakan Private Key Contract only.

4. Untuk Private Key Contract U Token, saya juga kurang yakin Anda menyimpannya, sebenarnya punya cara yang sama dengan cara meyimpan Contract Key UTN :
Download Private Key Contract U Token
- Untuk menyimpan Contract Key U Token, Anda harus memilih U package (jumlah U token/jumlah test) pada daftar contract. Contoh di gambar di atas U package (1/1000).

- Klik tanda titik tiga (...) pada bagian samping kanan nama contract.

- Lalu klik download the contract only, ini merupakan Contract Key U Token yang akan digunakan, simpan Contract Key tersebut dengan aman.

- (Optional) Pilih download whole transaction pack, ini juga merupakan Contract Key U Token namun ia memiliki informasi kontrak yang lengkap. Perlu Anda simpan sebagai data penting. Nantinya whole transaction pack juga bisa Anda digunakan, tetapi pada panduan ini saya sendiri menggunakan Private Key Contract only.

4. Buat Akun Beta Universa Network, saya yakin Anda belum memiliki akun ini. Nantinya ini digunakan sebagai platform tempat melakukan pertukaran atau Swap dari Universa Token UTN Mainnet ke Universa Token UTNP ERC-20. Ikuti cara membuat akun Universa Network dibawah ini.

5. Buka platform Beta Universa Network di https://beta.mainnetwork.io, lalu lakukan pendaftaran akun. Klik login/sign up di bagian samping kanan atas :
Akun Beta Universa Network
6. Lalu upload Private Key wallet Universa Blockchain MainNet atau Private Key yang anda gunakan untuk login di https://access.mainnetwork.io/contracts.
Daftar Beta Universa Network
Daftar Akun Universa Network

7. Setelah terdaftar dan masuk ke akun Beta Universa Network, Import semua Contract Key yang telah di download pada tahap-tahap sebelumnya, yaitu Key Contract UTN dan Key Contract U Token, berikut panduannya

- Klik tab Contract pada akun Beta Universa Network
Key Contract UTN dan Key Contract U Token

- Klik Upload pada bagian samping kanan atas, pilih Key Contract UTN yang telah Anda simpan.
- Lakukan hal yang sama, dan upload Key Contract U Token yang juga telah Anda simpan.
Import Key Contract Universa Token

- Jika berhasil melakukan pendaftaran dan Import Key Contract, Maka akan tampil semua daftar Contract UTN dan U Token Anda pada Universa Blockchain MainNet di Akun Beta Universa Network.

Berikut adalah tampilan dari daftar semua contract saya, yang telah melakukan berbagai transaksi swap :
Beta Universa Network

(Penting) Cek saldo UTN dan U Token

Lakukan pengecekan saldo untuk memastikan contract anda di approve atau valid, cek saldo UTN mengklik Klik tab Wallet pada akun Beta Universa Network (https://beta.mainnetwork.io). Berikut tampilan halaman wallet :
Cek saldo UTN dan U Token

Sedangkan untuk saldo U Token akan otomatis tampil di bagian Balance pada halaman akun home akun Beta Universa Network.
saldo U Token
Saldo awal UTN saya sejumlah 55648 UTN check.universablockchain.com/@5AzbLm, saat screenshot di atas diambil berkurang menjadi 35632 UTN karena telah melakukan 2x swap dengan jumlah 10000 UTN.
Saldo awal U Token saya yang tadinya 4 U menjadi 0 U karena berkurang sebagai biaya untuk 2x transaksi swap.

Langkah 3 : Proses Swap UTN Token ke UTNP Token

Setelah mengikuti semua panduan di atas, berikut adalah proses melakukan withdraw token UTNP ke wallet atau exchange di Universa Blockchain MainNet.

1. Buka akun akun Beta Universa Network di https://beta.mainnetwork.io
2. Pada halaman home di bagian Featured, Klik UTN  UTNP / Exchange UTN to UTNP

Seperti yang saya lingkari merah pada gambar di bawah ini
Proses Swap UTN Token ke UTNP Token

3. Isi formulir SWAP UTN seperti gambar dibawah ini

Keterangan :
- UTNP Amout : Jumlah token UTN yang ingin anda tukar menjadi UTNP
- Your Ethereum Address : Masukkan salah satu alamat wallet tujuan dari beberapa pilihan dibawah ini untuk menerima Token UTNP
  1. Wallet address token ERC-20 (MyEtherWallet (MEW), MetaMask, ImToken, dll).
  2. Wallet address UTNP pada akun exchange yang support trading UTNP (IDCM, Cobinhood, Ethfinex, Livecoin & CoinBene : Update Mei 2019)
  3. Wallet address UTNP Anda yang lain atau Wallet UTNP saya juga bisa kok kalau mau 😅🤣
formulir SWAP UTN

4. Dibawah tombol Exchange akan tampil jumlah UTNP yang akan anda terima, yaitu 1:1 dari jumlah token UTN.

5. Selanjutnya klik Exchange. Pada panduan ini saya melakukan withdraw UTNP ke alamat address Wallet MyEtherWallet

Berikut notifikasi psoses swap sedang berlangsung :
withdraw UTNP ke Wallet MyEtherWallet
Cara withdraw UTNP ke MyEtherWallet MEW

6. Untuk melihat proses Swat telah selesai dan berhasil, Klik tab Contracts. Maka akan tampil transaksi Swap yang telah di approve :
Cara withdraw UTNP ke MEW

7. Untuk melihat saldo hasil withdraw token UTNP yang telah masuk pada wallet anda, bisa di situs etherscan.io, Kunjungi https://etherscan.io/ADDRESS. Ganti ADDRESS dengan address wallet Anda.

Berikut tampilan total token UTNP (20000 UTN) yang telah masuk pada wallet address MyEtherWallet :
Melihat saldo token UTNP di MEW ETHERSCAN.IO

Semua Panduan Universa Blockchain (MainNet) Selesai :) Panduan ini menunjukkan kepada Anda cara menjadi pengguna Universa. Saya membahas tentang membuat akun, mengklaim token, panduan pertukaran UTN ke UTNP, dan juga cara withdraw UTNP ke wallet pribadi Anda.
Artikel terkait : Wallet Terbaik untuk Menyimpan Token ERC20
Panduan ini juga memberikan langkah-langkah menggunakan komponen-komponen penting pada sistem universa mainnet, diantaranya sebagai berikut ini :
  1. Platform UTN Checker
  2. Akses ke Saldo UTN Token
  3. Akun Platform Universa Blockchain MainNet
  4. Private Key Wallet Universa Blockchain MainNet
  5. Private Key Contract UTN Token
  6. Akses ke Saldo U Token
  7. Private Key Contract U Token
  8. Akun Platform Beta Universa Network
  9. Akun Beta Universa Network
  10. Info Wallet Token ERC-20

Platform trading exchange UTNP

  1. IDCM
  2. Cobinhood
  3. CoinBene
  4. Ethfinex
  5. Livecoin
Update Mei 2019

Sosial Media Universa

  1. Facebook : https://www.facebook.com/Universa-108311786504272
  2. Telegram : https://t.me/Uplatform
  3. Twitter : https://twitter.com/Universa_News
  4. Medium : https://medium.com/universablockchain
  5. Github : https://github.com/UniversaBlockchain/universa
  6. Reddit : https://www.reddit.com/r/universa

Whitepaper dan Total Suply Universa Token

Sumber Referensi Artikel

  1. https://universablockchain.com
  2. https://access.mainnetwork.io/contracts
  3. https://beta.mainnetwork.io

Demikianlah panduan lengkap cara melakukan withdraw token universa UTN di UTN checker ke akun Universa MainNet, dan cara menukar atau swap token UTN ke UTNP, serta cara melakukan withdraw token UNTP dari akun universa mainnet ke wallet myetherwallet (MEW) atau exchanger UTNP. Semoga bermanfaat bagi Anda para holder token UTN di indonesia maupun holder dari luar indonesia.