Mereka Pernah Gagal. Tetapi Memilih BANGKIT Hingga Sukses Besar

Artikel Terkait Motivasi Sukses
Umumnya kita melihat tokoh sukses hanya saat ia bersinar. Kita silau oleh ketenaran, kekayaan, dan keberhasilannya, terutama akibat paparan media. Dari media, kita tahu penghasilannya, apa yang ia capai, rumahnya yang dibeli seharga puluhan milyar. Semua materi itu seakan-akan mudah sekali didapat olehnya.

Padahal kalau kita mau mencari tahu, hampir semua tokoh sukses juga pernah gagal. Bahkan ada yang sampai bangkrut, jatuh bangun sebelum sukses. Tulisan ini akan memberikan gambaran bahwa tokoh-tokoh terkenal dan sukses juga sering gagal, termasuk juga para trader sukses.

Pernah Gagal. Tetapi Memilih BANGKIT hingga Sukses Besar

Berikut ini adalah daftar beberapa tokoh sukses, yang dulu pernah gagal sebelum sukses. Daftar ini hanya memuat beberapa tokoh saja, sebenarnya ada jauh lebih banyak lagi, namun setidaknya sudah bisa memberikan gambaran bagaimana kondisi mereka sebelum sukses.

  1. Henry Ford, bisnis pertamanya gagal dan 5 kali bangkrut sebelum berhasil membangun Ford Motor Company
  2. Soichiro Honda, ditolak waktu interview di Yamaha sebagai engineer. Kemudian ia menjadi pengangguran dan sama sekali tidak punya uang. Sampai akhirnya ia berhasil membuat skuter sendiri
  3. Akio Morita, pendiri Sony ini dulu awalnya membuat rice cooker. Gagal, masakannya gosong, dan cuma laku 100 pcs
  4. Bill Gates, drop out dari Harvard sebelum berhasil membangun Microsoft
  5. Walt Disney, awalnya dipecat krn "kurang imajinasi dan tdk punya ide". Bisnis awalnya juga bangkrut. Akhirnya berhasil membangun kerajaan hiburan yang penuh imajinasi
  6. Albert Einstein, genius tapi tidak bisa bicara sampai umur 4 tahun. Ia juga tidak bisa membaca sampai umur 7 tahun. Ia juga sempat dikeluarkan dari sekolah. Sekarang siapa yang tidak kenal dengan teori relativitas
  7. Thomas A Edison, gagal 1000 kali sebelum berhasil menemukan bola lampu
  8. Oprah Winfrey, waktu kecilnya sering disiksa. Di awal karirnya ia dipecat karena dibilang wajahnya kurang mendukung sebagai reporter
  9. Steven Spielberg, gagal masuk University of Southern California jurusan Teater tiga kali. Ia kemudian mencoba masuk universitas lain, tetapi juga drop out
  10. JK Rowling, sebelum buku Harry Potter menjadi sukses luar biasa di seluruh dunia, ia miskin, depresi karena cerai dan naskahnya ditolak oleh berbagai penerbit
  11. Michael Jordan, ia pernah gagal masuk tim basket SMA sebelum berhasil menjadi top player NBA

Bagaimana dengan trader, mari kita tengok kisah Jesse Livermore, seorang trader sukses di era 1900-an. Dia terkenal karena menghasilkan multi-juta dolar saat melakukan short selling selama pasar saham crash pada tahun 1907 dan 1929.
Motivasi Trader dari Jesse Livermore
Jesse Livermore lahir di keluarga miskin di Shrewsburry, Massachussetts. Ia memulai karir tradingnya di usia 14 tahun. Di tahun 1907 Jesse Livermore berhasil mendapatkan keuntungan besar dari short selling. Saat itu ia mendapatkan 3 juta dollar. Tetapi setahun kemudian 1908-1912 ia gagal dalam trading. Ia berhutang 1 juta dollar dan menyatakan bangkrut.

Akhirnya saat Perang Dunia I , Jesse Livermore berhasil membalikkan keadaan. Sampai akhirnya saat semua orang kehilangan uangnya di Depresi Besar 1929, Jesse Livermore malah menambah kekayaannya hingga 100 juta dollar.

Semua tokoh di atas memiliki kesamaan: Mereka pernah gagal. Kesamaan yang lain lagi adalah, mereka mau bangkit dari keterpurukan dan berusaha untuk mencapai hasil yang lebih baik lagi. Setiap orang melakukan kesalahan. Hampir semua orang sukses pernah gagal. Tapi hanya idiot yang bersikukuh tidak mengakui kesalahannya dan tidak mau berubah.

Yang menentukan adalah apa yang kita lakukan saat kita gagal atau jatuh. Michael Jordan pernah mengatakan: "I've missed more than 9000 shots in my career. I've lost almost 300 games. 26 times, I've been trusted to take the game winning shot and missed. I've failed over and over and over again in my life. And that is why I succeed."

Siapapun kita, baik trader atau investor, ada kalanya kita jatuh, melakukan kesalahan dalam trading, atau barangkali sampai menimbulkan krisis keuangan pribadi. Jangan sampai hal tersebut menjadikan kita mundur. Semua tokoh sukses di atas tidak mundur. Mereka pernah gagal, mereka mengakui mereka pernah gagal. Tetapi mereka tidak menyerah dan memilih untuk BANGKIT!

Success is not about never falling, but in get up everytime we fall. Semoga tulisan ini menginspirasi