Bangkitlah Jika Kamu Gagal. Tetapi Bangkit Saja Tidak Cukup!

Artikel Terkait Motivasi Sukses
Mungkin Anda heran dengan judul artikel ini. Apa itu Gomu-Gomu Trader? Tetapi bagi Anda yang tahu bahasa Jepang atau menyukai anime atau manga One Piece tentu tahu apa yang saya maksud. Lalu apa hubungannya One Piece dengan trader? Simak di sini.

One Piece adalah sebuah anime dan manga tentang sekelompok bajak laut yang dipimpin oleh Monkey D. Luffy yang pergi mencari harta karun legendaris bernama One Piece. Luffy menjadi manusia karet yang memiliki kekuatan memanjangkan tubuhnya setelah secara tak sengaja memakan buah gomu-gomu, salah satu dari buah iblis. Gomu dalam bahasa Jepang berarti "karet". Bahasa Inggris "gum" menjadi "gomu" dalam bahasa Jepang.
Bangkit Saja Tidak Cukup
One Piece diciptakan oleh Eiichiro Oda. Komiknya dimulai pada 1997 dan hingga kini masih terus berlanjut. Hingga saat ini One Piece memecahkan rekor sebagai manga paling laris sepanjang sejarah. Kesuksesan One Piece bahkan melebihi gabungan no 2 Naruto, no 3 Kimi ni Todoke, no 4 Fairy Tail, no 5 Bleach, no 6 Bakuman, no 7 Gintama, dan no 8 Fullmetal Alchemist dengan total penjualan One Piece lebih dari 260 juta kopi.

One Piece ini adalah salah satu manga favorit saya, jalan ceritanya kocak abis, dan penggambaran karakter yang sangat khas. Setiap kali membaca One Piece, pasti saya terpingkal-pingkal melihat ulah konyol karakter-karakternya. Mulai dari Luffy, Zoro, Sanji, Nami, Chopper, Usopp, dan lain lain.

Karakter utama One Piece adalah Monkey D. Luffy, Si Topi Jerami. Karakter yang naif, tolol, tetapi selalu antusias mengejar mimpinya menjadi raja bajak laut. Ia memakan buah gomu-gomu, sehingga seluruh anggota tubuhnya melar seperti karet, tidak tertembus peluru dan anti listrik, tetapi sangat lemah terhadap senjata tajam. Ciri khas bertarungnya adalah menyerang dengan memanjangkan tubuhnhya. Selalu memberikan kata "Gomu-Gomu" sebelum jurusnya. Jurusnya kebanyakan memakai nama senjata dan artileri (contoh:gomu-gomu pistol, gomu-gomu bazooka, gomu-gomu gatling, dll).

Luffy ini karakter yang pantang menyerah. Boleh dibilang seperti karet. Dalam suatu kisah ia melawan Crocodile, salah satu Shichibukai (7 bajak laut terkuat). Ia hampir mati dua kali. Saat kalah, Luffy bangkit kembali dengan strategi yang berbeda, yang lebih baik. Baru pada kali ketiga ia berhasil mengalahkan Crocodile. Bila diibaratkan ia adalah bola karet yang jatuh, dan membal kembali dan bisa lebih tinggi lagi setiap membal.

Bangkit Saja Tidak Cukup!

Dalam hidup dan karir, inilah yang harus kita lakukan. Kemungkinan kita gagal selalu ada. Ada yang mengatakan bangkitlah jika kamu gagal. Tetapi bangkit saja kadang tidak cukup. Kita bisa memilih menjadi "gomu" yang membal kembali lebih tinggi, atau amblas ke bawah tidak balik lagi.

Demikian juga menjadi trader, kegagalan bisa menghampiri kita. Salah strategi, sehingga rugi besar. Atau terkena margin call sehingga modal habis. Tetapi kalau kita masih ingin mencapai cita-cita menjadi trader sukses, jangan menyerah, jadilah Gomu-Gomu Trader, belajar, membal kembali, dan capai hasil lebih baik dari sebelumnya. Itulah Gomu-Gomu Trader.

I’ve set myself to become the King of the Pirates…and if I die trying…then at least I tried!
Monkey D. Luffy (One Piece)