Jenis-jenis Dompet (Wallet) Crypocurrency Bitcoin & Altcoin Terbaik

Artikel Terkait Edukasi Cryptocurrency
Apakah Anda baru menggunakan Bitcoin? - Jika anda pemula dan baru menggunakan bitcoin, saya sangat merekomendasikan anda menggunakan wallet indodax gratis yang bisa anda akses dengan mudah dan terpercaya.

Sudahkah Anda menggunakan Bitcoin dan Apakah anda ingin meningkatkan keamanan Bitcoin?
Dibawah ini adalah Jenis-jenis Wallet Bitcoin terbaik dan terpercaya, Dompet Bitcoin terbaik ini bisa Anda jadikan sebagai tempat penyimpanan mata uang virtual Bitcoin yang Anda miliki.

Tanpa dompet Bitcoin, Anda tidak dapat mengirim atau menerima pembayaran Bitcoin. Jadi sebelum Anda mendapatkan bitcoin, Anda harus membuat dompet, membeli, mendownload, atau membuat dompet kecil.

Jenis Jenis Wallet (Dompet) Bitcoin Terbaik

Ada banyak cara untuk menggunakan Bitcoin dan juga ada banyak jenis dompet Bitcoin, berikut adalah jenis dompet bitcoin, token, cryptocurrency dan mata uang digital lainnya yang wajib anda ketahui :
  1. Wallet Bitcoin Online (Online Wallets) : Dompet yang bisa diakses di web dari perangkat yang terhubung dengan internet.
  2. Wallet Perangkat Keras (Hardware Wallets) : Dompet Perangkat fisik yang dirancang untuk mengamankan bitcoin.
  3. Wallet Perangkat Lunak (Software Wallets) : Aplikasi dompet diunduh ke ponsel, komputer, atau tablet Anda.
  4. Wallet Kertas (Paper Wallets) : Bitcoin private keys berbentuk kertas yang dicetak dari komputer offline.

Catatan : Pada akhir artikel ini Anda akan memahami dompet Bitcoin dan akan memiliki gagasan yang lebih baik tentang jenis wallet mana yang tepat dan terbaik untuk Anda.
Jenis-jenis Dompet atau Wallet Crypocurrency Bitcoin dan Altcoin Terbaik

Faktor yang dipertimbangkan dalam memilih wallet bitcoin

Di mana ?
Jika Anda melakukan pembayaran secara langsung dan tidak online maka dompet seluler seperti Copay (iOS & Android), breadwallet (iOS) atau Mycelium (Android) adalah suatu keharusan.

Frekuensi pembayaran
Jika Anda perlu melakukan pembayaran sering maka akan lebih baik menyimpan dompet Anda di dompet yang mudah digunakan dan mudah diakses. Dompet mobile dan dompet desktop adalah pilihan bagus.

Jumlah
Jika Anda berurusan dengan sejumlah besar bitcoin Anda memerlukan dompet yang aman. Dompet hardware dan dompet offline yang aman seperti Armory adalah pilihan yang baik.

Gunakan kombinasi
Gunakan dompet seluler sebagai rekening giro Anda, dan dompet offline perangkat keras atau aman sebagai rekening tabungan Anda. Campur dan padankan untuk menemukan kombinasi yang menyediakan keamanan dan aksesibilitas.

Daftar Jenis Jenis Dompet (Wallet) Bitcoin Terbaik & Terpercaya

Berikut dibawah ini daftar dompet / wallet crypocurrency bitcoin dan altcoin terbaik dunia yang saya urutkan berdasarkan jenis-jenis nya :
Jenis jenis Wallet Bitcoin terbaik dan terpercaya, Dompet Bitcoin terbaik bisa dijadikan tempat penyimpanan mata uang virtual Bitcoin dan Cryptocurrency

A. Bitcoin Universal Wallets

1. Copay

Copay Wallet => Review Copay

Copay adalah dompet Bitcoin oleh Bitpay dan tersedia di iOS, Android, Windows Phone, Linux, Max OS X, dan Windows. Karena Copay tersedia di banyak platform.

Antarmuka pengguna sederhana dan bersih dari Copay menjadikannya pilihan yang baik bagi pengguna Bitcoin baru. Copay juga merupakan pilihan yang baik untuk bisnis karena fitur akun bersama, yang mengharuskan sejumlah pengguna untuk menandatangani setiap transaksi.


2. Infinito

Infinito Wallet => Review Infinito

Infinito Wallet diluncurkan pada bulan Desember 2017, dan pendirinya mengatakan platformnya mendukung mata uang digital seperti Bitcoin, Bitcoin Cash, Ethereum, NEO, Dash, Litecoin dan Dogecoin. Dalam beberapa bulan terakhir, pengguna juga dapat menyimpan, mengirim dan menerima "mayoritas" token - dengan lebih banyak diharapkan akan didukung dalam beberapa bulan mendatang.

B. Bitcoin Online Wallets

Dompet online Bitcoin, atau dompet web adalah wallets pemyimpanan bitcoin dengan kunci pribadi Anda secara online. Dompet hanya bisa diakses dengan user-set password.
Artikel terkait : Review jenis-jenis wallet bitcoin online terbaik
1. GreenAddress

GreenAddress Wallet => Review GreenAddress

GreenAddress adalah dompet web multi akses, dengan aplikasi tersedia untuk Chrome, iOS, dan Android.


2. SpectroCoin

SpectroCoin Wallet => Review SpectroCoin

SpectroCoin adalah solusi all-in-one untuk Bitcoin. Layanan yang ditawarkan mencakup berbagai solusi Bitcoin, mulai dari pertukaran hingga e-wallet Bitcoin.


3. CoinBase
Coinbase Wallet => Review Coinbase

Coinbase menyediakan sebuah dompet cryptocurrency online untuk menampung saldo cryptocurrency.


4. Indodax
Indodax Wallet => Review Indodax

Sama halnya dengan Coinbase, Indodax juga menyediakan sebuah dompet cryptocurrency online untuk menampung saldo cryptocurrency, wallet Indodax sendiri berasal dari indonesia.


5. BlockChain
BlockChain Wallet => Review BlockChain

Blockchain juga menyediakan sebuah dompet cryptocurrency online untuk menampung saldo cryptocurrency.

C. Bitcoin Hardware Wallets

Dompet perangkat keras bitcoin adalah komputer kecil atau smartcard yang dibangun dengan tujuan tunggal untuk menghasilkan kunci pribadi Bitcoin secara offline. Dompet perangkat keras menandatangani secara aman transaksi di lingkungan offline yang sama.
Artikel terkait : Review jenis-jenis perangkat wallet bitcoin terbaik
1. Ledger Nano

Ledger Nano Wallet

1. Review Ledger Nano
2. Cara Setup Ledger Nano
The Ledger Nano adalah dompet perangkat keras berbasis smartcard. Kunci pribadi dibuat dan ditandatangani secara offline di lingkungan aman smartcard. Nano disiapkan menggunakan Aplikasi Ledger Chrome. Benih 24-kata acak dihasilkan saat penyiapan dan dukungan offline dengan menuliskannya di selembar kertas. Jika terjadi pencurian, kerusakan atau kehilangan, seluruh dompet dapat diciptakan kembali dengan benihnya. Seorang pengguna kode PIN yang dipilih juga ditugaskan ke perangkat untuk melindungi dari pencurian fisik atau hacking.

The Ledger Nano dapat digunakan pada komputer manapun, atau ponsel Android dengan Mycelium atau GreenBits.


2. Trezor

Trezor Wallet

1. Review Trezor
2. Cara Setup Trezor
TREZOR berbeda dari Ledger Nano karena ini adalah komputer yang sangat kecil daripada smartcard. Kunci pribadi masih dihasilkan secara offline.

TREZOR juga menghasilkan benih 24 kata saat penyiapan. TREZOR memiliki layar built in sendiri dimana benih ditampilkan dan disalin saat backup. Karena TREZOR adalah perangkat offline, ia menawarkan keamanan ekstra karena benih tersebut tidak ditampilkan di komputer online.

Frasa sandi tambahan dapat ditambahkan ke unggulan 24 kata. Ini memberikan perlindungan ekstra, karena siapa pun yang menemukan benih 24-kata orang lain bebas untuk mengakses dana tersebut. Jika passphrase opsional ditambahkan, penyerang masih tidak dapat mengakses dana tanpa seed and passphrase. Jika passphrase dilupakan, itu tidak bisa dipulihkan.


3. OpenDime

OpenDime Wallet

1. Review Opendime
2. Cara Setup Opendime
Ikatan Bearer Bitcoin pertama atau disebut Stick Bitcoin. Opendime adalah USB stick kecil yang memungkinkan Anda menghabiskan Bitcoin seperti tagihan dolar.
Sambungkan ke USB untuk memeriksa saldo. Buka kapan saja untuk belanja online.
Bertindak seperti USB flash drive hanya-baca. Bekerja dengan komputer, laptop, dan telepon.

File QR Picture and Text berisi alamat dan dukungan Bitcoin.
Kunci pribadi dihasilkan di dalam perangkat, dan tidak pernah diketahui manusia manapun, bahkan Anda pun tidak!

Dunia Bitcoin berubah dengan cepat namun Opendime dibangun di atas fitur dasar Bitcoin yang tidak berubah dalam lima tahun.

Berikan Opendime kepada siapa saja dan mereka tidak perlu khawatir bahwa Anda dapat mengambil kembali dana nanti.

Anda punya kunci pribadi di perangkat. Ini adalah Bitcoin fisik karena memang dimaksudkan untuk menyerahkannya kepada seseorang dan mereka mendapatkannya.
Tidak ada biaya penambang, tidak ada penundaan konfirmasi.

Menggunakan penandatanganan pesan bitcoin, alamat pembayaran bitcoin normal (non HD) dan kunci privat dalam format WIF.


4. Ledger HW.1

Ledger HW.1 Wallet

1. Review Ledger HW.1
2. Cara Setup Ledger HW.1
The Ledger HW.1 adalah versi yang lebih terjangkau dari Ledger Nano.


5. Ledger Unplugged

Ledger Unplugged Wallet

1. Review Ledger Unplugged
2. Cara Setup Ledger Unplugged
The Ledger Unplugged adalah dompet perangkat keras nirkabel dengan ukuran kartu kredit. Kunci pribadi dihasilkan secara offline. Transaksi ditandatangani pada perangkat dan dikirim ke ponsel melalui NFC.

Ledger Unplugged sangat ideal untuk penggunaan sehari-hari, karena perangkat ini sangat sesuai dengan dompet dan tidak diperlukan kabel OTG.

D. Bitcoin Software Wallets untuk Android

Aplikasi Dompet Bitcoin untuk Android adalah dompet perangkat lunak Android yang didownload dan diinstal di Android Anda.
Artikel terkait : Review aplikasi wallet bitcoin di Android terbaik

1. Breadwallet (Android)

breadwallet Wallet => Review breadwallet

Breadwallet memulai sebagai dompet paling populer untuk iPhone, dan sekarang juga tersedia untuk perangkat Adroid yang menjalankan Android 6.0 atau lebih tinggi. Kesederhanaan dan keamanan yang mudah digunakan menjadikannya tempat yang tepat untuk memulai bagi pengguna yang baru mengenal bitcoin.


2. Mycelium (Android)

Mycelium Wallet => Review Mycelium

Mycelium adalah favorit diantara pengguna Bitcoin yang berpengalaman. Ini adalah dompet HD dengan banyak fitur canggih, seperti dukungan untuk dompet perangkat keras TREZOR dan Ledger, akun hanya menonton, pengeluaran penyimpanan dingin, dan Tor.


3. Bitcoin Wallet (Android)

Bitcoin Wallet => Review Bitcoin

Dompet Bitcoin adalah dompet Bitcoin pertama untuk Android. Sederhana saja, mudah dicadangkan, dan terhubung langsung ke jaringan Bitcoin dengan SPV


4. Airbitz (Android)

Airbitz Wallet => Review Airbitz

AirBitz adalah dompet Bitcoin lain yang bagus untuk pemakaian sehari-hari. Ini terintegrasi dengan Fold, yang berarti Anda bisa mendapatkan diskon 20% di Starbucks dari dalam dompet.

Airbitz mengelola akun dengan nama pengguna dan kata sandi, namun tidak memiliki akses ke dana Anda. Jenis pembuatan akun lebih mudah bagi pengguna yang kurang teknis yang mungkin mengalami masalah dalam membackup atau memahami benih HD.


5. GreenBits (Android)

GreenBits Wallet => Review GreenBits

GreenBits adalah versi asli GreenAddress. Ini cepat, sederhana, dan mendukung dompet hardware TREZOR dan Ledger Nano / HW.1.

E. Bitcoin Software Wallets untuk iOS

Aplikasi Dompet Bitcoin untuk iOS adalah dompet perangkat lunak iOS yang didownload dan diinstal di iOS Anda.
Artikel terkait : Review aplikasi wallet bitcoin di iOS terbaik
1. Breadwallet (iOS)

breadwallet Wallet => Review breadwallet

Kombinasi kesederhanaan dan keamanan Breadwallet menjadikannya dompet iOS paling populer. Pengguna iPhone yang mencari dompet Bitcoin pertama mereka harus menemukan Breadwallet yang mudah dimengerti.


2. Copay (iOS)

Copay Wallet => Review Copay

Copay tersedia di App Store. Klik di sini untuk lebih jelasnya.


3. Airbitz (iOS)

Airbitz Wallet => Review Airbitz

AirBitz juga tersedia di App Store.

F. Bitcoin Software Wallets untuk PC / Desktop

Dompet perangkat lunak desktop adalah dompet perangkat lunak yang didownload dan diinstal di komputer Anda. Dompet desktop di bawah tersedia di Mac OS X, Windows, dan Linux.
Artikel terkait : Review lengkap aplikasi wallet bitcoin PC terbaik
1. Armory

Armory Wallet => Review Armory

Armory adalah dompet Bitcoin yang paling matang, aman dan penuh, namun dapat secara teknologi mengintimidasi pengguna. Apakah Anda seorang individu yang menyimpan $ 1.000 atau institusi yang menyimpan $ 1,000.000.000 ini adalah pilihan paling aman yang tersedia. Pengguna berada dalam kendali penuh semua kunci pribadi Bitcoin dan dapat menyiapkan proses penandatanganan offline yang aman di Armory.


2. Bitcoin Core

Bitcoin Core Wallet => Review Bitcoin Core

Bitcoin Core adalah "resmi" klien dan dompet Bitcoin, meskipun tidak digunakan oleh banyak orang karena kecepatan yang lambat dan kurangnya fitur. Bitcoin Core, bagaimanapun, adalah simpul penuh , artinya membantu memverifikasi dan mentransmisikan transaksi Bitcoin lainnya di seluruh jaringan dan menyimpan salinan keseluruhan blockchain. Ini menawarkan privasi yang lebih baik karena Core tidak harus bergantung pada data dari server eksternal atau rekan lainnya di jaringan. Core Bitcoin yang disalurkan melalui Tor dianggap salah satu cara terbaik untuk menggunakan Bitcoin secara pribadi.


3. Electrum

Electrum Wallet => Review Electrum

Electrum mungkin merupakan dompet desktop yang paling populer, karena kecepatan dan kemudahan penggunaannya. Electrum juga bisa digunakan sebagai cold storage jika Anda memiliki komputer tambahan yang bisa digunakan secara offline. Additonaly, Electrum menawarkan fitur lain seperti menghubungkan melalui Tor, dompet multisiganture, integrasi dengan dompet perangkat keras, dan banyak lagi.


4. MultiBit HD

MultiBit HD Wallet => Review MultiBit HD

Multibit HD adalah dompet desktop yang cepat dan mudah dengan dukungan dompet hardware TREZOR dan KeepKey.

G. Bitcoin Paper Wallets

Dompet kertas bitcoin adalah metode standar penyimpanan dingin sebelum dompet perangkat keras dibangun. Dompet kertas adalah kunci pribadi yang tercetak di selembar kertas. Jika dibuat dan dicetak dengan komputer yang aman dan offline, dompet kertas adalah tempat penyimpanan dingin yang aman.

Masalah utama dengan dompet kertas adalah dapat merepotkan untuk membuat dan mencetak dompet baru setiap kali Anda mengirim dana ke tempat penyimpanan dingin. Namun, mungkin untuk mencetak dompet kertas massal untuk menghemat waktu dan menghilangkan penggunaan kembali alamat. Panduan penyimpanan dingin kami menjelaskan langkah demi langkah bagaimana membuat dompet kertas yang aman.


Edukasi Tentang Dompet/Wallet Bitcoin

Praktik terbaik - Bitcoin memungkinkan Anda mengendalikan uang Anda, artinya Anda bertanggung jawab atas keamanan uang dan privasi finansial Anda. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk memastikan privasi dan keamanan Anda:

1. Kontrol kunci pribadi Anda
Layanan seperti Coinbase dan Circle menawarkan "dompet Bitcoin", namun pada kenyataannya mengendalikan kunci pribadi Anda. Sebaiknya gunakan dompet tempat Anda mengendalikan kunci pribadi Anda. Inilah satu-satunya cara untuk mengendalikan sepenuhnya dana Anda dan tidak harus bergantung pada pihak ketiga untuk keamanan.

2. Lindungi privasi Anda
Setiap kali Anda meminta data blockchain dari dompet, server mungkin dapat melihat alamat IP Anda dan menghubungkannya ke data alamat yang diminta. Setiap dompet menangani permintaan data secara berbeda. Jika privasi penting bagi Anda, gunakan dompet yang mendownload keseluruhan blockchain seperti Bitcoin Core atau Armory. Tor dapat digunakan dengan dompet lain untuk melindungi alamat IP Anda, namun ini tidak mencegah server untuk mengikat sekumpulan alamat ke satu identitas. Untuk informasi lebih lanjut, lihat Proyek Privasi Open Bitcoin untuk peringkat dompet berdasarkan privasi.

3. Jangan gunakan kembali alamat
Sebagian besar dompet Bitcoin hari ini secara otomatis membuat alamat baru untuk setiap transaksi. Karena semua transaksi Bitcoin bersifat publik, penggunaan kembali alamat memudahkan orang lain untuk mengelompokkan transaksi dan memahami pembayaran mana yang terkait dengan satu identitas.

4. Gunakan dompet yang berbeda untuk sejumlah uang yang berbeda
Sama seperti Anda tidak berjalan-jalan dengan rekening tabungan Anda sebagai uang tunai, ada beberapa dompet Bitcoin yang berbeda yang harus digunakan tergantung pada berapa banyak uang yang disimpan atau ditransfer. Dompet yang aman seperti dompet kertas atau dompet perangkat keras dapat digunakan sebagai dompet "tabungan", sementara dompet seluler, web, dan desktop harus diperlakukan seperti dompet belanja Anda.

5. Buat beberapa backup aman
Pengguna harus membuat beberapa backup dompet mereka. Backup harus disimpan di lokasi fisik yang terpisah jika terjadi kebakaran atau kerusakan air. Dompet kertas bisa dilaminasi atau ditulis dalam logam untuk perlindungan ekstra.

Cara Menyimpan Bitcoin

Sebelumnya disebutkan bahwa ada empat jenis dompet Bitcoin: dompet online, dompet perangkat keras, dompet perangkat lunak, dan dompet kertas. Keempat kategori ini dapat dibagi lebih jauh menjadi berbagai jenis penyimpanan dan keamanan:

1. Dompet panas
Dompet panas mengacu pada dompet Bitcoin yang digunakan pada perangkat yang terhubung dengan internet seperti telepon, komputer, atau tablet. Karena dompet panas yang berjalan di perangkat terhubung internet selalu ada risiko pencurian. Pikirkan dompet panas seperti dompet Anda hari ini. Anda seharusnya tidak menyimpan sejumlah besar bitcoin dalam dompet panas, sama seperti Anda tidak berjalan-jalan dengan rekening tabungan Anda sebagai uang tunai.

Jika hanya digunakan dengan jumlah kecil, dompet panas harus digunakan untuk kebutuhan Bitcoin sehari-hari Anda. Seseorang mungkin, misalnya, ingin menyimpan seharga $ 200 dari bitcoin dalam dompet panas untuk belanja, dengan $ 10.000 terkunci dalam penyimpanan dingin.

2. Layanan Kustodian
Meski sering disebut dompet Bitcoin, layanan seperti Coinbase and Circle tidak benar dompet Bitcoin. Pelanggan kunci pribadi dipegang oleh layanan pihak ketiga ini, yang berarti pengguna tidak benar-benar mengendalikan uang mereka.

Seperti yang sering dikatakan Bitcoiners: "Jika Anda tidak mengendalikan kuncinya, Anda tidak mengendalikan koinnya". Mt. Gox adalah contoh ekstrem, tapi yang menggambarkan pentingnya memegang kunci pribadi. Gox merupakan pertukaran Bitcoin pertama dan terbesar hingga 2013. Ribuan pengguna menyimpan lebih dari 800.000 bitcoin di akun Gox mereka.

Pada saat itu, seseorang mungkin telah mengklaim memiliki 1.000 bitcoin dalam akun Gox. Sementara benar pada saat itu, segera setelah Mt. Gox diklaim telah menjadi korban pencurian pengguna dengan bitcoin di akun mereka yang dibiarkan kosong.

Layanan seperti Coinbase dan Circle mungkin sebenarnya menggunakan praktik keamanan yang baik dan ada kemungkinan komputer Anda aman. Tapi dengan menyimpan bitcoin dengan pihak ketiga Anda selalu mengambil risiko tambahan.

3. Penyimpanan dingin
Penyimpanan dingin dicapai saat kunci pribadi Bitcoin dibuat dan disimpan secara offline. Kunci pribadi yang disimpan offline lebih aman karena tidak ada risiko bahwa hacker atau malware bisa mencuri koin Anda.

Ada tiga cara untuk membuat penyimpanan dingin: dompet kertas, dompet perangkat keras, dan dompet perangkat lunak yang dijalankan pada komputer offline. Pikirkan penyimpanan dingin sebagai rekening tabungan Anda. Gunakan untuk menyimpan bitcoin dengan aman yang tidak Anda rencanakan untuk dibelanjakan.

4. Dompet Multisignature
Dompet multisignature seperti Copay mempermudah pembagian kendali bitcoin di antara banyak pihak. Jika dibuat offline, multisig juga bisa membuat cold storage lebih aman.

Dompet multisignature memerlukan banyak pihak untuk menandatangani transaksi agar dana bisa dibelanjakan. Dalam dompet 2-2, misalnya, kedua belah pihak harus menandatangani transaksi. Dalam dompet 2-3 multisig, dua dari tiga co-signer harus menandatangani setiap transaksi.

Sekian informasi dan edukasi cryptocurrency tentang jenis-jenis dompet atau wallet crypocurrency bitcoin dan altcoin terbaik dan terpercaya.