Sistem Pinjaman Uang Online dan Daftar Aplikasi Pinjaman Terbaik

Artikel Terkait Perbankan

Tentang Pinjaman Online

Berikut adalah sistem layanan dan informasi mengenai peminjaman uang secara online di indonesia.

Apakah Itu Pinjaman Online?

Pinjaman online kilat adalah sebuah jenis pinjaman yang dapat dicairkan dalam waktu yang relatif lebih cepat dibandingkan pinjaman biasa atau bisa disebut sebagai pinjaman cepat cair.

Pinjaman kilat biasanya tersedia dalam bentuk aplikasi yang bisa Anda gunakan di perangkat ponsel Anda. Karena selain penggunaannya mudah, juga bisa diakses kapan saja lewat perangkat ponsel Anda dalam bentuk aplikasi. Aplikasi pinjaman online kilat ini bisa didapatkan di toko aplikasi yang tersedia untuk tiap sistem operasi di ponsel Anda yaitu lewat Google Play Store (Android) atau Apple Store (iOS).

Salah satu keuntungan melakukan pengajuan lewat aplikasi di ponsel Anda adalah kemudahan akses yang ditawarkan. Melalui aplikasi di ponsel Anda, tinggal mengisi data pribadi, melakukan upload foto pribadi, dan menunggu proses aplikasi, maka pinjaman cepat cair dapat segera Anda nikmati.

Seperti layaknya produk pinjaman lainnya, pinjaman kilat ini diberikan dengan beberapa biaya tertentu yang disebut bunga terhadap hutang. Selain bunga terhadap hutang, pihak peminjam disini juga bisa dibatasi dengan berbagai batasan yang diberikan dalam bentuk syarat pinjaman tertulis. Dari segi penggunaannya, pinjaman kilat juga bisa digunakan untuk berbagai macam kebutuhan baik itu untuk tujuan produktif atau tujuan konsumtif.
Apakah Itu Pinjaman Online

Apa Saja Karakteristik Pinjaman Online?

Bentuknya Berupa Aplikasi: 
Produk pinjaman kilat di Indonesia biasanya berbentuk aplikasi yang bisa di gunakan di ponsel Anda. Dengan bentuk apikasi, maka proses pengajuan dan pengumpulan data bisa dilakukan kapan dan dimana saja.

Berasal dari Investor, Perusahaan, atau Lembaga Penyalur Dana: 
Pinjaman kilat umumnya disediakan oleh sebuah perusahaan atau lembaga penyalur dana. Walaupun begitu, kebanyakan perusahaan atau lembaga pinjaman kilat mendapatkan dana pinjaman tersebut dari berbagai investor, bank, atau lembaga keuangan lain untuk disalurkan kepada para nasabahnya.

Limit Pinjaman Tidak Terlalu Besar: 
Meskipun tergolong dalam jenis pinjaman cepat cair, pinjaman kilat ini memiliki limit pinjaman yang tidak terlalu besar yaitu berkisar antara 5-10 juta rupiah. Hal ini disebabkan karena persyaratan pengajuan yang tidak membutuhkan jaminan atau kepemilikan kartu kredit. Sehingga jumlah pinjaman yang bisa disalurkan ke nasabah jumlahnya tidak terlalu besar.

Apa Saja Keuntungan Mengajukan Pinjaman Online?

Proses Pengajuan Online:
Karena secara umum pengajuan aplikasi pinjaman kilat dilakukan melalui aplikasi, maka semua proses pengajuan dilakukan secara online. Melalui proses ini, dimulai dari instalasi aplikasi, pengisian data atau informasi pribadi, verifikasi, penentuan skor kredit, hingga pencairan dana dilakukan lewat sistem secara online. Dengan begitu, para calon peminjam tidak perlu jauh-jauh datang ke kantor cabang atau menyiapkan dokumen fisik untuk proses pengajuan yang dilakukan. Cukup isi data pribadi dan menyediakan foto dokumen yang diperlukan, maka aplikasi pinjaman Anda akan segera di proses.

Syarat Pengajuan Mudah:
Persyaratan yang diperlukan dalam pengajuan pinjaman kilat bisa terbilang cukup mudah. Karena kebanyakan hanya memerlukan Anda untuk menyiapkan fotokopi KTP, slip gaji, atau rekening tabungan. Anda bisa melakukan pengajuan aplikasi jika Anda sudah memiliki umur yang cukup dan dokumen-dokumen yang diperlukan.

Tidak Perlu Jaminan atau Kepemilikan Kartu Kredit:
Untuk mendapatkan pinjaman kilat, Anda hanya perlu menyiapkan data diri dan dokumen yang diperlukan. Tidak perlu memliki kartu kredit atau menitipkan aset Anda sebagai jaminan.

Verifikasi dan Pencairan Dana Cepat:
Dalam proses pengajuan pinjaman kilat, rata-rata proses verifikasi sampai dengan pencairan dana memakan waktu maksimal 14 hari dan bisa saja kurang dari waktu tersebut. Jadi bila Anda menginginkan pinjaman cepat cair, KTA kilat ini bisa Anda jadikan sebagai alternatif.

Layanan Nasabah yang Tersedia Setiap Saat:
Punya pertanyaan seputar aplikasi pinjaman Anda? atau ingin cari bantuan? Tidak perlu cemas, karena sebagian besar produk pinjaman kilat menyediakan layanan nasabah yang senantiasa membantu menyelesaikan masalah pengajuan Anda atau memberikan informasi yang dibutuhkan. Bantuan ini bisa Anda peroleh lewat telepon atau e-mail, dan bahkan ada yang menyediakan layanan bantuan nasabah selama 24 jam.

Privasi yang Terjamin:
Dengan proses yang dilakukan secara onine lewat sistem, Anda tidak perlu khawatir data pribadi Anda disalahgunakan. Para penyedia layanan pinjaman cepat menjamin seluruh kerahasiaan data pribadi yang Anda kirimkan dan tidak akan membagikan data tersebut tanpa perstujuan Anda kepada siapapun.

Layanan Pembayaran Beragam:
Sebagian besar penyedia pinjaman kilat di Indonesia sudah bekerjasama dengan berbagai bank dan lembaga keuangan ternama untuk menyediakan layanan pembayaran yang bisa diakses oleh siapa saja dengan mudah. Anda bisa lakukan pembayaran melalui berbagai bank di Indonesia baik secara transfer, mobile banking, atau internet banking. Selain pembayaran lewat bank, Anda juga bisa melakukan pembayaran lewat e-wallet, portal online, ataupun melalui minimarket yang sudah tersebar luas di berbagai wilayah di Indonesia.

Apa Saja Syarat Pengajuan Pinjaman?

  • Usia 18-60 Tahun.
  • Memiliki Pekerjaan Tetap.
  • Memiliki Rekening Tabungan.
  • WNI & Memiliki KTP.

Apa Saja Dokumen yang Diperlukan untuk Mengajukan Pinjaman?

Foto KTP/KITAS, Foto Bukti Penghasilan (Slip Gaji/SKP/SPT), Foto Rekening Tabungan (3 bln terakhir), Foto KTP / NPWP, dll

Bagaimana Prosedur Pengajuan Pinjaman Cepat Cair?

  • Cari aplikasi pinjaman kilat yang diinginkan dari smartpeople.id/Google Play Store/Apple Store.
  • Unduh aplikasi tersebut ke perangkat ponsel Anda.
  • Buka aplikasi dan pilih jenis pinjaman yang diinginkan.
  • Isi data pribadi dan informasi sesuai dengan yang diminta oleh aplikasi.
  • Unggah dokumen atau informasi tambahan yang dibutuhkan oleh aplikasi tersebut.
  • Tunggu notifikasi proses verifikasi

Wilayah Mana Saja yang Terjangkau Oleh Pinjaman Cepat Cair?

Kebanyakan penyedia layanan pinjaman kilat sudah menyediakan layanan mereka di wilayah Jabodetabek, Surabaya, Bandung, dan kota-kota besar lainnya di Indonesia.

Apakah Pengajuan Pinjaman Bisa Dilakukan Melalui Kantor Cabang?

Tidak bisa. Pengajuan produk pinjaman kilat hanya bisa dilakukan melalui website penyedia layanan atau aplikasi di perangkat ponsel Anda.

Apakah Pengajuan Pinjaman Bisa Tetap Dilakukan Walaupun Alamat KTP dan Domisili Berbeda?

Bisa. Walaupun Anda sekarang menetap di tempat yang berbeda dengan alamat KTP Anda, pengajuan pinjaman kilat tetap bisa dilakukan.

Bila Hanya Memiliki Resi KTP Karena Proses Perpindahan ke E-KTP, Apakah Masih Bisa Mengajukan Pinjaman?

Bisa. Apabila E-KTP Anda masih dalam proses pembuatan, maka Anda bisa menggunakan surat keterangan (resi KTP) untuk mengajukan pinjaman kilat.

Apakah Membutuhkan Jaminan atau Kepemilikan Kartu Kredit dalam Proses Pengajuan Pinjaman?

Tidak perlu. Semua produk pinjaman kilat tidak membutuhkan jaminan (agunan) apapun atau kepemilikan kartu kredit sebelumnya sebagai syarat pengajuan.

Jika Tidak Mempunyai NPWP, Apakah Masih Bisa Mengajukan Pinjaman?

Bisa. Tidak semua produk pinjaman kilat membutuhkan NPWP sebagai syarat pengajuan yang wajib melainkan hanya digunakan sebagai dokumen pelengkap saja.

Berapa Lama Dana Pinjaman Bisa Cair?

Setelah proses verifikasi, rata-rata waktu pencairan dana pinjaman kilat sampai ke rekening Anda adalah antara 24-jam sampai dengan 4 hari sesuai dengan bank atau penyedia layanan pinjaman online yang dipilih. Jika dana pinjaman sudah tersalurkan ke rekening Anda, maka nanti akan ada notifikasi melalui SMS/E-Mail/melalui aplikasi yang akan bisa langsung Anda lihat.

Apabila Belum Diproses atau Dana Belum Cair, Apa yang Harus Dilakukan?

Apabila pengajuan pinajaman online Anda belum diproses atau dana tunai juga belum kunjung cair, maka Anda bisa menghubungi layanan bantuan nasabah (call centre) dari produk pinjaman kilat yang Anda ajukan untuk meminta bantuan atau memperoleh informasi yang dibutuhkan. Tiap produk pinjaman kilat yang ada memiliki layanan nasabah yang siap membantu Anda kapan saja.

Bagaimana Cara Bayar Cicilan Pinjaman?

Secara umum penyedia pinjaman kilat sudah bekerja sama dengan berbagai bank ternama atau portal pembayaran lainnya agar para nasabah bisa membayar cicilan dengan mudah. Anda bisa melakukan pembayaran melalui berbagai bank di Indonesia baik secara transfer, mobile banking, atau internet banking.

Selain pembayaran lewat bank, Anda juga bisa melakukan pembayaran lewat e-wallet, portal online, ataupun melalui minimarket yang sudah tersebar luas di berbagai wilayah di Indonesia sesuai dengan produk yang dipilih. Bila proses pelunasan telah selesai dilakukan, Anda juga akan diberi tahu melui SMS/E-mail/Notifikasi kalau cicilan Anda telah lunas.

Bila Terlambat Membayar Cicilan Apakah Akan Dikenakan Denda? Berapa Jumlahnya?

Iya. Keterlambatan melakukan pembayaran cicilan sesuai dengan kesepakatan akan dikenakan denda. Jumlah denda yang diberikan akan disesuaikan dengan produk pinjaman kilat yang dipilih sesuai dengan kebijakan dari penyedia produk tersebut.

Apabila tanggal jatuh tempo jatuh pada hari Sabtu/Minggu/hari libur nasional, maka pembayaran bisa dilakukan pada hari kerja selanjutnya sesuai dengan kebijakan pembayaran yang berlaku.

Layanan Pinjaman Uang Online Terbaik Indonesia

Berikut layanan aplikasi lending atau peminjaman uang secara online terbaik dan tercepat di indonesia :
Layanan lainnya silahkan cek disini: Aplikasi Pinjaman Uang Online Terbaik. Demikianlah Sistem dari Layanan Aplikasi yang Menawarkan Pinjaman Uang Online di Indonesia. Terima kasih.