Sistem Pembayaran Elektronik dan Daftar e-Money Terbaik Indonesia

Artikel Terkait e Money
e-Money hadir di Indonesia sejak tahun 2009. e-Money yang diterbitkan oleh bank dan non-bank berlisensi dari Bank Indonesia. Data dari Bank Indonesia pada Juli 2016 mencatat bahwa ada 20 eMoney, y𝚊𝚗g terdiri dari 9 bank dan 11 lembaga non-bank. Peraturan tentang eMoney diatur d𝚊l𝚊m Peraturan Bank Indonesia Nomor 11/12 / PBI / 2009 tentang uang elektronik (e-money).

Apa itu eMoney atau Uang Elektronik?

e-Money adalah alat pembayaran y𝚊𝚗g memiliki nilai yang tersimpan secara elektronik d𝚊l𝚊m media server atau chip. e-money dapat digunakan untuk berbagai jenis pembayaran, seperti pembayaran tiket transportasi, berbelanja di toko, dan lain sebaginya. Nilai pada e-money akan berkurang pada saat konsumen menggunakan untuk pembayaran.
Pembayaran Elektronik Resmi di Indonesia

Jenis Sistem Pembayaran Elektronik di Indonesia

Transaksi di era digital saat ini, masyarakat mulai banyak dibanjiri dengan berbagai macam produk dan layanan seperti y𝚊𝚗g lagi ramai pembayaran tol lewat emoney mandiri, brizzi BRI, Tap Cash BNI, atau y𝚊𝚗g lainnya. Beberapa periode lalu kita dikenalkan denga produk pembayaran seperti T-Cash Telkomsel, XL Tunai, Rekening Ponsel CIMB Niaga, BBM Money Permata Bank dan sebagainya. Sistem isi ulang juga bervariasi, mulai dari pengisian lewat ATM, lewat indomaret atau y𝚊𝚗g lainnya. Hal ini sering membuat masyarakat j𝚊di bingung dan rancu. Agar tidak bingung, semua hal tersebut merupakan jenis transaksai elektronik y𝚊𝚗g bisa dikategorikan d𝚊l𝚊m berbagai jenis seperti berikut ini:

1. e-Money / e-Payments

Uang elektronik atau e-money merupakan sistem transaksi elektronik alternatif. Cara kerjanya adalah dengan menyimpan nilai yang tersimpan secara elektronik untuk menerima dana, dan dapat digunakan untuk melakukan transaksi pembayaran. uang elektronik diselenggarakan dalam bentuk smart card, perangkat, atau disimpan di server.

Artikel Terkait e-Money &e-Payments


Contoh sistem uang elektronik kartu prabayar, wallet atau Web layanan elektronik, seperti PayPal. Dengan demikian, uang elektronik dapat digunakan sebagai cara untuk membayar sejumlah barang dan jasa secara elektronik. Penyedia layanan pengiriman uang elektronik Y𝚊𝚗g sebagai aksesori ke jantung bisnis, yaitu perusahaan mobile, perusahaan transportasi umum, dll

2. Dompet Elektronik (e-Wallet)

E-wallet adalah bagian dari uang elektronik y𝚊𝚗g y𝚊𝚗g mengacu pada nilai moneter yang tersimpan di telepon ke kartu, atau perangkat elektronik lainnya. kartu prabayar adalah bentuk dompet elektronik. dompet elektronik dapat menjadi nilai tetap. d𝚊l𝚊m kasus ini, setelah nilai keseimbangan habis, kartu tidak dapat digunakan.

dompet elektronik dapat diisi ulang - untuk menggunakan lagi dan lagi. Istilah ini digunakan sebagai kartu dompet atau ponsel dianggap sebagai pengganti uang y𝚊𝚗g diangkut dalam portofolio seseorang.

3. Layanan Keuangan Mobile

MFS atau jasa keuangan mobile adalah istilah yang lebih umum y𝚊𝚗g mengacu pada berbagai layanan keuangan yang dapat ditawarkan di seluruh ponsel. Tiga bentuk utama dari MFS adalah transfer uang mobile, pembayaran mobile dan mobile banking.

4. Transfer Uang Bergerak (MMT-Mobile Money Transfer)

Layanan dimana pelanggan menggunakan perangkat mobile mereka untuk mengirim dan menerima nilai uang - atau hanya mentransfer uang secara elektronik dari satu orang ke orang lain menggunakan ponsel.

5. Pembayaran Mobile (Mobile Payment)

MMT mengelola transfer dari orang ke orang, pembayaran mobile mengacu pada multi-pembayaran dengan ponsel. pembayaran mobile y𝚊𝚗g melibatkan ponsel yang digunakan untuk melakukan pembayaran dalam penjualan terminal POS (POS). d𝚊l𝚊m kasus ini, ponsel dapat berkomunikasi dengan POS melalui teknologi contactless, seperti near field communication (NCR).

Pembayaran mobile remote melibatkan penggunaan telepon sebagai mekanisme untuk pembelian layanan terkait dengan ponsel, seperti nada dering, atau sebagai saluran pembayaran alternatif untuk produk yang dijual secara online. pembayaran tagihan ponsel cenderung membutuhkan interkoneksi dengan perusahaan ke rekening bank penerima, dan karena itu dianggap sebagai bagian dari mobile banking.

6. Mobile Banking

Mobile banking membolehkan pelanggan buat memakai ponsel mereka bagaikan saluran lain buat layanan perbankan mereka, semacam deposito, penarikan, transfer rekening, pembayaran tagihan, serta penyelidikan saldo. Sebagian besar aplikasi mobile banking bertabiat aditif (bonus saja) sebab mereka sediakan saluran pengiriman baru kepada nasabah bank y𝚊𝚗g telah ada.


Perbedaan e-Money dengan e-Wallet

Dunia bisnis menghendaki banyak pihak buat bertransaksi dengan sistem modern. Tipe bisnis ini mengaitkan pemakaian fitur seluler, paling utama smartphone serta tablet, buat memenuhi bermacam tipe transaksi. Salah satu y𝚊𝚗g terkenal merupakan E- money serta e- Wallet dengan sebagian produk y𝚊𝚗g telah mulai terkenal dikala ini.

Pembayaran mobile ini terus menjadi bersaing dengan tata cara pembayaran tradisional y𝚊𝚗g ada sepanjang ini. Kamu butuh menguasai perbandingan kedua tipe pembayaran tersebut serta pula metode memakainya dengan benar supaya dapat menggunakan tiap aspek kebutuhan lewat teknologi mutahir ini.

1. Penyimpanan Data dan Saldo

E- money ialah sistem transaksi y𝚊𝚗g universal dimana informasi keuangan tercantum saldo di d𝚊l𝚊mnya di simpan d𝚊l𝚊m server operator/ bank serta dapat pula di simpan di d𝚊l𝚊m chip kartu. d𝚊l𝚊m perihal ini, e money lebih diketahui d𝚊l𝚊m wujud kartu( informasi keuangan pengguna tersimpan d𝚊l𝚊m kartu chip). Contoh e- money merupakan Tap Cash BNI, ataupun E- money Mandiri.

e- Wallet pada dasarnya ialah bagian dari e money pula y𝚊𝚗g masuk jenis informasi di simpan di d𝚊l𝚊m server( server based). e- Wallet membolehkan pengguna buat menaruh data keuangan tercantum saldo di d𝚊l𝚊mnya di d𝚊l𝚊m sever dari ponsel mereka, bergantung dari operatornya misalnya saja T- Cash buat Telkomsel.

e- Wallet membolehkan konsumen memakai ponsel pintar mereka buat membayar ataupun melaksanakan pembelian produk tanpa butuh kartu. Seluruh informasi telah tersimpan d𝚊l𝚊m server operator telekomunikasi sehingga tidak butuh lagi repot bawa duit ataupun kartu buat dapat melaksanakan transaksi.

Layanan ini membutuhkan sebagian proses registrasi. Kamu dapat mendaftar dengan salah satu layanan semacam di atas serta tiap- tiap hendak membutuhkan sebagian langkah buat memvalidasi bagaikan pengguna, mengakses beberapa dana( lewat transfer dana langsung ke layanan dari rekening bank ataupun kartu kredit, ataupun lewat asosiasi dari kartu kredit dengan layanan itu. Sehabis saldo e- Wallet terisi, Kamu siap memakainya.

Aplikasi buat layanan y𝚊𝚗g diseleksi hendak berperan semacam kartu kredit, ataupun apalagi proxy buat kartu kredit serta uang akan dikurangkan mendadak serta ditransfer ke penyedia layanan( produk ataupun jasa).

2. Penggunaan e-money Lebih Fleksibel dari e-Wallet

Satu perihal y𝚊𝚗g butuh dimengerti dengan tipe layanan e- Wallet ini merupakan kalau layanan ini berlaku terbatas( tidak diterima di banyak tempat secara leluasa). Peritel ataupun bisnis y𝚊𝚗g mau dibayar perlu pula mempunyai tipe aplikasi ataupun layanan y𝚊𝚗g sama ataupun paling tidak bekerja sama dengan operator y𝚊𝚗g sama supaya bisa menerima pembayaran dengan metode ini.

Misalnya saja bila mau memakai T- Cash dari Telkomsel, hingga transaksi bisnis y𝚊𝚗g mau Kamu jalani misalnya belanja online ataupun offline buat beli pulsa ataupun token listrik pula wajib menawarkan opsi T- Cash dapat dibayarkan disini. Cuma dengan kerjasama inilah mereka hendak bisa menerima pembayaran. Sesungguhnya lebih instan transaksi tanpa kartu ini tetapi sebab terbatas hingga bawa duit tunai ataupun kartu kredit bersama Kamu kapan juga berangkat keluar buat berjaga- jaga bila tempat y𝚊𝚗g Kamu mau tidak melayani e- Wallet tetaplah dibutuhkan.

E- money lebih global gunanya sebab dapat digunakan buat transaksi satu hari hari, mulai dari bayar tol, hingga belanja satu hari hari tercantum beli tiket transportasi untuk y𝚊𝚗g telah bekerja sama. Penggunaannya pula lebih luas digunakan di banyak tempat.

3. Cara dan Proses isi Ulang Saldo

E- money ataupun e- Wallet mempunyai proses y𝚊𝚗g sama d𝚊l𝚊m perihal pengisian saldo ialah lewat jaringan penerbit duit elektronik tersebut, dapat lewat bank, mesin EC ataupun melalui toko y𝚊𝚗g telah kerjasama semacam indomaret misalnya. Saldo buat e- money masih terbatas, optimal 1 juta sebaliknya buat e- Wallet dapat lebih besar apalagi hingga menggapai 10 juta rupiah.

4. Biaya isi Ulang Tergantung Kebijakan Otoritas

Otoritas y𝚊𝚗g berwenang memastikan kebijakan bayaran isi ulang ini ialah Bank Indonesia. Kebijakan ini dapat saja berganti bersamaan berjalannya waktu. Biaya dibedakan menj𝚊di biaya buat jaringan penerbit kartu y𝚊𝚗g sama serta jaringan y𝚊𝚗g berbeda. Kamu dapat mencobanya buat isi ulang di toko y𝚊𝚗g kerjasama misalnya Indomaret buat mengetahui besaran bayaran ini.


Perusahaan Operator e-money Resmi di Indonesia

Berikut ini terdapat 26 industri operator e- money y𝚊𝚗g terdaftar di Bank Indonesia, industri ini terdiri dari lembaga bank serta non- bank:
  • PT Artajasa Pembayaran Elektronis.
  • PT Bank Central Asia Tbk.
  • PT Bank CIMB Niaga.
  • PT Bank DKI.
  • PT Bank Mandiri (Persero) Tbk.
  • PT Bank Mega Tbk.
  • PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk.
  • PT Bank Nationalnobu.
  • PT Bank Permata.
  • PT Bank Rakyat Indonesia.
  • PT Finnet Indonesia.
  • PT Indosat, Tbk.
  • PT Nusa Satu Inti Artha.
  • PT Skye Sab Indonesia.
  • PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk.
  • PT Telekomunikasi Seluler.
  • PT XL Axiata, Tbk.
  • PT Smartfren Telecom Tbk.
  • PT Dompet Anak Bangsa (Go-Pay).
  • PT Witami Tunai Mandiri (True Money).
  • PT Espay Debit Indonesia Koe.
  • PT Bank QNB Indonesia Tbk.
  • PT BPD Sumsel Babel.
  • PT Buana Media Teknologi.
  • PT Bimasakti Multi Sinergi.
  • PT Visionet Internasional.


Keuntungan Menggunakan Pembayaran Elektronik

Bersamaan dengan banyaknya transaksi digital, pemakaian e- Money menj𝚊di perihal y𝚊𝚗g universal digunakan d𝚊l𝚊m kehidupan tiap hari. Memakai e- Money pasti saja mempunyai keuntungan tertentu buat para penggunanya. Misalnya semacam:
  • Kurangi peredaran duit palsu di publik.
  • Menghindari resiko pencurian ataupun perampokan sebab bawa duit tunai d𝚊l𝚊m jumlah banyak.
  • Transaksi lebih akurat sebab dicoba oleh pc ataupun mesin.
  • Tidak butuh menunggu duit kembalian sebab nominal duit Kamu bakal langsung dipotong.
  • Proses transaksi dapat dicoba dengan relatif lebih cepat.
  • Bisa digunakan buat bermacam ragam transaksi bernilai kecil dengan frekuensi y𝚊𝚗g besar, semacam: bayar tol, tiket transportasi, bayar parkir, pembayaran fast food, serta transaksi yang lain. 


Jenis e-Money Resmi dan Terbaik di Indonesia

Penggunaan e-Cash tergolong praktis, fleksibel dan gampang digunakan semua orang. Berdasarkan bentuk fisiknya, e-Cash dapat dibedakan menj𝚊di dua jenis, yakni: Pre-paid Card untuk e-Cash berbentuk kartu serta e-Pockets y𝚊𝚗g tersedia d𝚊l𝚊m aplikasi digital. Berikut jenis e-Cash dan produk-produk y𝚊𝚗g beredar di Indonesia :

1. Kartu Pra Bayar

e-Cash d𝚊l𝚊m bentuk kartu y𝚊𝚗g beredar hanya dikeluarkan oleh pihak perbankan y𝚊𝚗g telah mengantongi izin khusus dari Financial institution Indonesia. Penggunaan kartu ini terbilang sangat fleksibel, semua orang dapat membeli e-Cash berbentuk kartu pra bayar, menyimpan sejumlah uang, dan menggunakannya sebagai alat transaksi pembayaran.

Kartu e-Cash perdana dapat dibeli dengan gampang dan tidak memprasyaratkan seseorang memiliki rekening perbankan. Batas nilai uang elektronik y𝚊𝚗g dapat disimpan d𝚊l𝚊m media uang elektronik untuk jenis kartu unregistered (tidak terdaftar) paling banyak sebesar Rp1 juta, sedangkan uang elektronik untuk jenis kartu registered (terdaftar) paling banyak sebesar Rp5 juta.

e-Cash berbentuk kartu tanpa registrasi information diri pengguna memiliki maksimum saldo Rp1.000.000, saldo ini tidak berbunga dan tidak dijamin oleh LPS (Lembaga Penjamin Simpanan). Kartu ini dapat dipindahtangankan dan dapat diisi ulang (high up) di secara tunai di ATM financial institution penerbit e-Cash atau ATM bersama, mesin EDC, maupun di gerai Indomaret/Alfamart dan merchant-merchant y𝚊𝚗g menerima transaksi e-Cash.

Beberapa contoh e-Cash berbentuk kartu pra bayar y𝚊𝚗g banyak beredar dan memiliki cakupan penggunaan y𝚊𝚗g luas di seluruh Indonesia dapat dibaca pada artikel Kartu Pembayaran e-Money di Indonesia

2. e-Money Bank Mandiri

Financial institution Mandiri menj𝚊di salah satu financial institution pemerintah y𝚊𝚗g serius menggeluti peluang bisnis dari e-Cash. e-Cash dari Financial institution Mandiri dapat dengan sederhana dimiliki oleh nasabah maupun non-nasabah Financial institution Mandiri, saldo maksimal y𝚊𝚗g tersimpan adalah Rp1 juta, dan dapat diisi ulang dan dipindahtangankan. Pembelian kartu perdana Mandiri e-Cash dapat dilakukan di Cabang Financial institution Mandiri, Service provider retail seperti Indomaret, Alfamart, Alfamidi, Lawson, Superindo, Circle-Ok, 7-Eleven dan Hypermart.

Khusus e-Cash berbentuk pre-paid card, Financial institution Mandiri memiliki three jenis kartu y𝚊𝚗g secara khusus didesain dengan fitur tertentu di d𝚊l𝚊mnya, antara lain: Indomaret Card (Kartu ini dapat digunakan untuk berbelanja dan pula mendapatkan potongan harga khusus pada gerai-gerai Indomaret) ; Gaz Card (Mandiri mengeluarkan kartu ini dengan kegunaan untuk mengisi Bahan Bakar Minyak (BBM) di Pom Bensin milik Pertamina) ; E-Toll (Kartu ini dapat digunakan untuk membayar akses jalan tol)

e-Cash kartu y𝚊𝚗g dikeluarkan oleh Financial institution Mandiri tersebut menawarkan kemudahan dan kenyamanan d𝚊l𝚊m melakukan berbagai transaksi keuangan harian seperti halnya untuk pembayaran tagihan rutin (khusus di gerai Indomaret) seperti : PLN, Telkom, Indovision, First Media, dan Oto Multi Artha.

Selain hal tersebut, Financial institution Mandiri pula memberikan kemudahan d𝚊l𝚊m melakukan isi ulang e-Cash, di antaranya: melakukan pengisian ulang di ATM tunai dan pula non tunai y𝚊𝚗g dilengkapi dengan reader e-Cash. Financial institution Mandiri pula menyediakan aplikasi on-line y𝚊𝚗g diberi nama e-Cash Isi Ulang y𝚊𝚗g dapat diakses dengan perangkat android berfitur NFC (Close to Discipline Communication). Pengisian melalui aplikasi ini akan dikenakan biaya sebesar Rp2.500,- dengan minimal pengisian sebesar Rp100.000,-.

3. Tap Cash dari BNI

Kartu y𝚊𝚗g dikeluarkan oleh Financial institution BNI ini pula dapat digunakan untuk berbagai transaksi belanja di Indomaret dan pula Alfamart, bahkan untuk membayar tiket Bus Trans Jakarta dan pula membayar E-Parking. Sedangkan untuk pengisian ulang, dapat dilakukan di berbagai merchant-merchant y𝚊𝚗g bekerja sama dengan Financial institution BNI atau pada cabang-cabang Financial institution BNI terdekat.

TapCash BNI dapat dibeli di cabang Financial institution BNI dan merchant-merchant y𝚊𝚗g bekerja sama dengan BNI. Kartu TapCash BNI dapat digunakan untuk membayar transaksi mulai dari membayar biaya transportasi umum Transjakarta, kereta Commuter Line Jabodetabek, E-Parking, Snowbay Waterpark, hingga makan di kantin Universitas Indonesia, dan restoran y𝚊𝚗g menerima transaksi TapCash BNI di wilayah Jabodetabek, Makasar, Bandung, Medan, Padang, Denpasar, Palembang, Yogyakarta, Pekanbaru, Semarang dan Surabaya.

4. Flazz dari Bank BCA

Salah satu Pre-paid card y𝚊𝚗g paling banyak digunakan adalah Flazz y𝚊𝚗g dikeluarkan oleh Financial institution BCA. Penggunaan kartu Flazz BCA memiliki cakupan y𝚊𝚗g luas dan multifungsi karena dapat digunakan untuk pembayaran di Tol Cipali, meals and beverage, minimarket, grocery store, hipermarket, SPBU, parkir, toko buku, tempat rekreasi, transportasi umum (Transjakarta, Commuter Line Jabodetabek dan Trans Jogja) dan banyak lagi jenis service provider lainnya di lebih dari 57 ribu outlet service provider. Kartu Flazz dapat di beli di seluruh kantor Cabang BCA, stand penjualan Flazz dan service provider penjualan Flazz. Kota jangkauan Flazz serta luas mulai dari Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Solo, Yogyakarta, Malang, Bali, Makassar, Palembang, Bandar Lampung, Pekanbaru, Medan, Batam, Padang, Banjarmasin, Serang, Cirebon, Balikpapan, Samarinda, Manado dan Pontianak.

5. BRIZZI dari BRI

BRI lagi memiliki e-Cash berbentuk kartu y𝚊𝚗g bernama BRIZZI. Kartu ini dapat dimiliki oleh siapapun (tanpa harus memiliki rekening BRI). Nilai uang di d𝚊l𝚊m kartu dapat diisi ulang/High Up (through EDC maupun ATM), mengakomodasi pembayaran transaksi mulai dari Rp1,- sampai dengan Rp1.000.000. Dapat digunakan di service provider y𝚊𝚗g telah bekerjasama dengan BRI dan memiliki beragam promo y𝚊𝚗g menarik.

6. Aplikasi e-Payments

E-Payments merupakan e-Cash y𝚊𝚗g dikemas d𝚊l𝚊m bentuk y𝚊𝚗g berbeda dengan Pre-paid card, di mana produk ini diberikan d𝚊l𝚊m layanan aplikasi on-line, sehingga memungkinkan bagi perusahaan non financial institution untuk menerbitkannya. Selain financial institution sebagai lembaga keuangan, perusahaan operator telekomunikasi lagi mencoba peruntungan di bisnis ini. Beberapa produk e Payments y𝚊𝚗g bisa dikenal di Indonesia bisa dibaca pada artikel Penyedia Layanan Aplikasi e-Payment Indonesia

7. E-Cash dari Bank Mandiri

Selain mengeluarkan Pre-paid card, Financial institution Mandiri lagi mengeluarkan produk Mandiri E-Money d𝚊l𝚊m melengkapi produk e-Cash mereka. Produk ini dapat digunakan untuk berbagai transaksi belanja di merchant-merchant mitra dan lagi untuk berbagai transaksi keuangan secara on-line. Mandiri E-Money dapat diakses melalui smartphone tanpa perlu mendatangi Financial institution Mandiri secara langsung. Bisa lakukan registrasi dan lagi verifikasi knowledge melalui SMS, maka fasilitas ini telah dapat dimiliki dengan sederhana. Sedangkan untuk pengisian ulang, Financial institution Mandiri memberi kemudahan melalui fasilitas E-Banking Financial institution Mandiri, switch melalui financial institution lain, atau pengisian secara tunai di agen E-Money.

8. T-cash Tap dari Telkomsel

Salah satu perusahaan non financial institution y𝚊𝚗g memberikan layanan e-Cash adalah Telkomsel. Perusahaan y𝚊𝚗g bergerak di bidang operator telekomunikasi ini mengeluarkan produk T-Money Faucet y𝚊𝚗g memungkinkan pengguna dapat melakukan transaksi belanja dengan teknologi NFC pada smartphone. Meski begitu, para pengguna smartphone y𝚊𝚗g belum didukung dengan teknologi NFC tetap dapat pakai T-Money Faucet, sebab Telkomsel menyediakan stiker NFC y𝚊𝚗g dapat dipasang pada smartphone dan digunakan pada saat transaksi T-Money Faucet.

9. Rekening Ponsel dari Bank CIMB Niaga

Hampir sama dengan e-Pockets lainnya, CIMB Niaga serta memberikan kemudahan d𝚊l𝚊m melakukan transaksi keuangan melalui produk ini. Beragam transaksi belanja on-line dapat dilakukan dengan Rekening Ponsel, hal ini tentu dibarengi dengan berbagai promo dan serta cashback y𝚊𝚗g dikeluarkan oleh gerai accomplice. Namun untuk mendapatkan Rekening Ponsel terbilang bisa merepotkan, di mana calon pengguna harus datang langsung ke Financial institution CIMB Niaga atau Digital Lounge CIMB Niaga dan melakukan pembukaan Rekening Ponsel.

Hal ini akan membutuhkan KTP serta beberapa knowledge diri y𝚊𝚗g diisikan pada formulir pengajuan rekening. Sedangkan untuk pengisian ulang dapat dilakukan dengan melakukan setoran tunai di Financial institution CIMB Niaga, switch ATM, serta melalui gerai Indomaret dan Alfamart.

Demikianlah ulasan mengenai eMoney di Indonesia dan beberapa jenis dari sistem pembayaran elektronik yang terpercaya dan resmi. Semoga bermanfaat bagi Anda. Terima kasih.