Sistem Penggunaan Kartu Kredit dan Daftar Kartu Kredit Terbaik

Artikel Terkait Kartu Kredit
Berikut ini adalah sistem penggunaan dari kepemilikan kartu kredit (credit card/CC) yang telah kami review beserta daftar perusahaan jasa keuangan dan perbankan yang telah menerbitkan kartu kredit terbaik di Indonesia.

Apa Itu Kartu Kredit?

Kartu kredit merupakan sebuah alat pembayaran pengganti uang tunai dlm bentuk kartu yang diterbitkan oleh bank untuk memudahkan para nasabahnya bertransaksi. Berbeda dengan kartu debit, dlm kartu kredit bank seperti meminjamkan konsumen uang & bukan mengambil uang dari rekening.

Pada bank-bank di Indonesia, kartu kredit diciptakan untuk kemudahan & cara kerjanya diatur oleh Bank Indonesia (BI). Saat ini terdapat berbagai macam perusahaan jasa keuangan penerbit kartu kredit di dunia termasuk Indonesia, termasuk diantaranya yaitu VISA, MasterCard & American Express.

Kepemilikan kartu kredit skrng menjadi salah satu syarat penting untuk mengajukan berbagai produk pinjaman seperti KTA atau KPR. Jika anda memiliki histori pembayaran yang sehat, maka peluang anda untuk mendapatkan pinjaman KTA & KPR tentu akan lebih besar.
Sistem Penggunaan Kartu Kredit

Perbedaan Kartu Kredit dan Kartu Debit

Berikut ini adalah beberapa perbedaan antara kartu kredit dan kartu debit :

1. Proses Pengajuan Kartu

Kartu debit relatif mudah untuk didapat hanya dgn membuka rekening tabungan saja, berbeda dgn kartu kredit yg cukup tidak mudah karena banyak aspek yg harus dipertimbangkan untuk menghindari kerugian pihak bank dari beberapa nasabah yg tak membayar tagihan.

2. Cara Pembayaran

Hal ini terletak pada pembayarannya yg mana kartu debit memiliki keterbatasan pada saldo tabungan sedangkan kartu kredit sesuai dgn namanya yg bersifat kredit atau hutang di mana pembayarannya tidak berhubungan dgn saldo tabungan namun bergantung pada limit.

3. Tingkat Keamanan

Kartu kredit dgn fitur ini memberikan Anda kemudahan dan kenyamanan dlm pembelian bahan bakar. Anda akan mendapatkan promo berupa cashback, voucher, ataupun potongan harga dari setiap transaksi pengisian bahan bakar yg Anda lakukan.

Pihak yang Terlibat dalam Kartu Kredit di Indonesia

Berikut merupakan daftar pihak-pihak yang terlibat karena hadirnya kartu kredit di Indonesia:
  1. Regulator perbankan (central bank).
  2. Bank penerbit kartu kredit (card issuer).
  3. Prinsipal kartu kredit (credit card principal).
  4. Pemegang Kartu Kredit (card holder).
  5. Pihak pengelola transaksi (acquirer).
  6. Pemilik toko dengan layanan transaksi kartu kredit (merchant).

Besar Bunga Kartu Kredit di Indonesia

Tingkat bunga antar Kartu Kredit bervariasi, mulai dari 33% sampai dengan 36% pertahun atau sekitar 2,75% sampai dengan 3% perbulan. Semakin cepat melunasi tagihan tsb maka semakin sedikit bunga yg dibayarkan setiap bulannya

Keuntungan Memiliki Kartu Kredit

Berikut adalah keuntungan bagi Anda yang telah memiliki kartu kredit:

  1. Mempermudah alat pembayaran sehingga tidak lagi memerlukan uang tunai.
  2. Kartu Kredit dpt digunakan untuk mengumpulkan seluruh bentuk pengeluaran belanja dlm 1 tagihan agar lebih efisien.
  3. Dapat digunakan untuk mencatat pengeluaran secara rutin sehingga pengelolaan keuangan lebih mudah.
  4. Kartu Kredit tertentu memberi jasa asuransi kesehatan, perjalanan, pencurian, atau kerusakan barang yg dibeli menggunakan kartu tsb.
  5. Tingkat keamanan yg relatif tinggi.
  6. Kemungkinan mendapatkan berbagai hadiah / diskon serta promo.


Kemudahan Pengajuan Pembuatan Kartu Kredit

Berikut merupakan beberapa keunggulan dalam mengajukan pembuatan kartu kredit secara online atau pada pihak terkait yang menerbitkan kartu kredit :
  1. Proses pengajuan cepat dan mudah.
  2. Anda dapat membandingkan berbagai produk kartu kredit welcome bonus sesuai kebutuhan.
  3. Calon nasabah dapat memantau status pengajuan kartu kredit setiap saat secara online atau mendatangi tempat pembuatan.
  4. Dapat melakukan upload dokumen pengajuan yang diperlukan secara cepat (jika daftar online).

Syarat Pengajuan Kartu Kredit :

  • Usia minimum pemegang kartu utama : 21 Tahun
  • Usia maksimum pemegang kartu utama : 60 Tahun
  • Usia minimum pemegang kartu tambahan : 17 Tahun
  • Minimum Penghasilan Per Bulan : Rp 5.000.000

Dokumen yang Diperlukan dalam Pengajuan Kartu Kredit

Untuk pengajuan pembuatan kartu kredit, calon nasabah diwajibkan menyiapkan & melengkapi beberapa dokumen di bawah ini :

Biaya yang Berkaitan dengan Kartu Kredit

Dalam sistem kartu kredit ada beberapa biaya yg terasosiasi didalamnya yg harus dibayar seperti :

1. Biaya Bunga

Penerbit Kartu Kredit hanya akan mengenakan bunga apabila pemilik tidak membayar tagihan secara penuh.

2. Biaya Administrasi Tahunan

Biaya ini dikenakan oleh pihak penerbit sebagai biaya atas jasa pemrosesan transaksi yang diberikan pihak penerbit.

3. Biaya Tarik Tunai

Pemilik dapat menarik uang tunai di ATM dengan Kartu Kredit, namun akan dikenakan biaya sebesar 3-6% dari jumlah uang yang ditarik.

4. Biaya Keterlambatan

Setiap bulan tagihan, pemilik wajib untuk membayar jumlah minimum sebesar 10% tagihan pada waktu yang telah ditentukan. Apabila tagihan tidak dibayarkan maka bank akan mengenakan biaya keterlambatan pembbayaran.

5. Biaya Materai

Pemilik akan dikenakan biaya materai sebesar Rp3.000 untuk transaksi dengan nilai Rp250.000 – Rp1.000.000, dan di atas Rp1.000.000 akan dikenakan biaya materai Rp6.000.

6. Biaya Cek Tagihan

Penerbit akan mengenakan biaya untuk mencetak tagihan, namun pemilik dapat meminta penyedia Kartu Kredit untuk mengirimkannya melalui email secara gratis.

Menghitung Bunga Tagihan Kartu Kredit

Setiap bulan tagihan, pemilik wajib untuk membayar jumlah minimum sebesar 10% tagihan pada waktu yang telah ditentukan. Apabila tagihan tidak dibayarkan maka bank akan mengenakan biaya keterlambatan pembayaran

Sebagai contoh, Sumanto memiliki sebuah kartu kredit dengan tanggal cetak di tanggal 10 dan tanggal jatuh tempo di tanggal 25 setiap bulan. Sumanto menggunakan kartu kreditnya untuk dua kali transaksi senilai Rp 1.000.000.- dan Rp 500.000. Pada tanggal 11 Maret, Sumanto mendapatkan tagihan dengan rincian seperti berikut ini:
Bunga Tagihan Kartu Kredit
Apabila Sumanto melakukan pembayaran sebesar 50% dari tagihan tersebut, berapakah bunga yang dibebankan pada Sumanto pada tagihan bulan berikutnya?

Perhitungan Suku Bunga per Hari:
(suku bunga x 12 bulan: jumlah hari dalam setahun)

(3% x 12): 365 = 0,0009863
Perhitungan Bunga Hingga Tanggal Pembayaran:
(nilai transaksi x selisih hari dari tanggal transaksi hingga tanggal pembayaran x suku bunga per hari)

Rp1.500.000 x 12 x 0,0009863 = Rp17.753
Perhitungan Bunga Setelah Tanggal Pembayaran Hingga Tanggal Cetak Berikutnya:
(nilai transaksi - pembayaran) x (selisih hari dari tanggal bayar ke tanggal cetak tagihan berikutnya) x (suku bunga per hari) (Rp1.500.000 - Rp750.000) x (14) x (0,0009863)

= Rp750.000 x 14 x 0,0009863
= Rp10.356
Maka total Bunga yang Dibebankan pada Tagihan Bulan Berikutnya:
Rp17.753 + Rp10.356
= Rp28.109

Limit yang Disediakan oleh Pihak Penerbit Kartu Kredit

Setiap kartu kredit memberikan plafon yg berbeda tergantung beberapa faktor seperti jenis kartu kredit & jumlah pendapatan tahunan pemohon.

Seseorang yg memiliki pendapatan tahunan di atas Rp150 juta, telah bekerja selama 10 tahun & memiliki catatan penggunaan kartu kredit yg baik sebelumnya akan lebih mudah untuk mendapatkan kartu kredit berlimit tinggi dibandingkan seseorang yg baru bekerja & belum memiliki historis penggunaan kartu kredit.

Seberapa Aman Bertransaksi Dengan Kartu Kredit?

Setiap transaksi kartu kredit dilengkapi prosedur keamanan, seperti memberikan verifikasi melalui tanda tangan / memasukan nomor PIN pada mesin EDC. Pastikan no PIN tidak tersebar kpd pihak lain dan pastikan kartu kredit anda tersimpan di tempat yg aman.

Jika nomor / kartu kredit dicuri, segera hubungi bank penerbit untuk memblokir kartu kredit tsb. Jika pemilik ditagih untuk sesuatu yg tidak dibeli, pemilik dpt meminta bantuan bank untuk melakukan pemblokiran proses pembayaran.

Daftar Penerbit Kartu Kredit

Secara Umum perusahaan jasa keuangan & perbankan yg menerbitkan kartu kredit di Indonesia adalah sebagai berikut :

1. Mastercard :

Kartu Kredit Standard Chartered MasterCard Platinum
MasterCard merupakan salah satu provider kartu kredit terbesar di dunia yg didirikan sejak tahun 1966 oleh MasterCard Worldwide & berpusat di Purchase, New York, Amerika Serikat. Meskipun area jangkauannya di seluruh dunia, namun provider ini paling banyak digunakan di Amerika & Eropa. Contoh kartu kreditnya seperti Kartu Kredit Standard Chartered MasterCard Platinum.

2. Visa :

Kartu Kredit BRI Touch Visa Gold
Kependekan dari Visa International Service Association, VISA merupakan salah satu provider kartu kredit terbesar di dunia. Perusahaan ini didirikan sejak 1958 oleh Visa International yg berpusat di Amerika Serikat tepatnya di Foster City, California. Visa lebih banyak digunakan oleh negara-negara di kawasan Asia termasuk Indonesia. Contoh kartu kreditnya seperti Kartu Kredit BRI Touch Visa Gold.

3. JCB :

Kartu Kredit BNI JCB Platinum Card
Provider kartu kredit ini berpusat di Tokyo, Jepang & sudah berdiri sejak tahun 1961. Hingga kini, JCB telah menerbitkan kartu kredit sebanyak 83 juta kartu di 16 negara termasuk Indonesia. Contoh kartu kreditnya seperti Kartu Kredit BNI JCB Platinum Card.

4. Penerbit dari Bank:

Kartu Kredit BCA Indomaret Card
Beberapa bank swasta juga ada yg turut sekaligus menjadi provider kartu kredit. Biasanya bank-bank tersebut memiliki kartu kredit khusus yg hanya berlaku di tempat-tempat tertentu. Contoh kartu kreditnya seperti Kartu Kredit BCA Indomaret.

Bank Penerbit Kartu Kredit Terbaik di Indonesia

Review Kartu Kredit Terbaik di Indonesia

Dapatkan informasi Kartu Kredit terbaik di Indonesia dan kartu kredit yg paling tepat untuk kebutuhan Anda, baik yg berupa syariah atau menawarkan program rewards, keuntungan travel terbanyak, iuran tahunan gratis, beragam diskon dan lainnya.

Berikut adalah daftar kartu kredit terbaik di Indonesia :
Layanan kartu kredit lainnya silahkan cek disini: Review Kartu Terbaik Lainnya. Demikianlah Sistem dari Layanan Aplikasi yang Menawarkan Pinjaman Uang Online di Indonesia. Terima kasih.