Sebagian Negara Dengan Pengguna Bitcoin Terbanyak Dunia

Artikel Terkait Edukasi Cryptocurrency
Mata uang virtual alias cryptocurrency seperti Bitcoin memang masih menjadi perdebatan di dunia termasuk di Indonesia. Tapi di sejumlah negara, Bitcoin sudah legal atau sah digunakan sebagai alat pembayaran.

Banyak teknologi baru yang ditemukan dan dikembangkan, secara terus menerus sehingga, mempermudah kehidupan umat manusia didunia seperti virtual currency. Virtual currency adalah sebuah aset digital yang dirancang sebagai media pertukaran atau transaksi. Atau lebih mudahnya bisa kita sebut sebagai uang digital.

Virtual currency sendiri saat ini sudah mulai diketahui oleh banyak orang. Diseluruh dunia. Terutama bagi mereka yang suka mencari uang tambahan lewat internet. virtual currency ini sendiri memiliki banyak jenis seperti bitcoin, dogecoin, litecoin dan masih banyak lainya yang totalnya mencapai ratusan.

Salah satu jenis dari virtual currency yang terkenal adalah bitcoin. Nama bitcoin sebagai mata uang digital semakin hari semakin mencorong saja. Penukarannya bisa dilakukan disitus-situs yang menyediakan fitur pertukaran virtual currency , menjadi sejumlah uang sungguhan. Tak heran dibeberapa Negara seperti  amerika, China, Inggris dan bahkan jepang sudah melegalkan atau mengesahkan penggunaan salah satu jenis dari virtual currecy yaitu bitcoin, bisa digunakan sebagai alat tukar atau alat pembayaran dinegara tersebut.
Artikel lainnya : Tokoh Paling Berpengaruh di Dunia Bitcoin
Negara-Negara Dengan Pengguna Bitcoin Terbanyak dan Transaksi Bitcoin Terbesar di Dunia

Negara Pengguna Bitcoin Terbanyak di Dunia

Negara-negara dengan pengguna bitcoin terbanyak di dunia adalah negara yang melegalitas / mengsahkan bitcoin sebagai alat tukar. Berikut adalah negara yang mengesahkan / melegalitaskan bitcoin atau mata uang digital :

Jepang

Jepang pada April 2017 mulai menerima Bitcoin sebagai mata uang legal. Lalu raksasa ritel elektronik, Bic Camera menerima pembayaran menggunakan Bitcoin satu minggu setelah cryptocurrency itu disahkan.

Mengutip CNBC, perdagangan Bitcoin menggunakan yen Jepang adalah yang paling likuid kedua setelah dolar Amerika Serikat (AS). Hal itu disebutkan oleh sebuah platform perdagangan cryptocurrency Gatecoin.

"Tindakan melegalkan mata uang Virtual di Jepang berpotensi memiliki dampak besar, karena memang sudah terjadi banyak desas-desus mengenai pengesahan Bitcoin ini," kata Founder dan CEO Gatecoin Aurélien Menant seperti dikutip dari CNBC, Jumat (8/9/2017).
Artikel lainnya : Aplikasi Fakta Menarik Sebelum Membeli Bitcoin

Amerika Serikat

AS adalah jumlah negara yang menggunakan cryptocurrency tertinggi di dunia. Mengutip bitcoin.com ini tercermin dari volume perdagangan Bitcoin yang masih tinggi.

Tingginya volume perdagangan terjadi karena dukungan Silicon Valley yang merupakan rumah bagi ribuan perusahaan start up blockchain. AS juga memiliki jumlah mesin ATM Bitcoin paling banyak di dunia. Negara ini selalu menjadi yang terdepan soal uang digital.

Inggris

Karena perkembangan dan minat masyarakat inggris yang tinggi terhadap bitcoin. HM Treasury akan bekerja sama dengan otoritas jasa keuangan inggris membuat beberapa peratran sebagai bentuk perhatian resiko penggunaan mata uang digital, indikasi bursa pertukaran palsu, serta harga termasuk membatu industri untuk menghindari adanya ketidakseimbangan beban regulasi. Hal ini membuat para penggemar dan pengguna bitcoin di Inggris merasa lebih nyaman dalam bertransaksi

Denmark

Tak hanya menjadi negara yang teknologinya paling maju. Denmark juga menjadi negara yang paling gencar dalam mendorong penghapusan uang tunai dan menggunakan mata uang digital.

Meskipun ramah terhadap penggunaan Bitcoin, Otoritas keuangan di Denmark belim mengakui Bitcoin sebagai mata uang resmi. Namun Bitcoin tetap bisa digunakan, karena Denmark adalah rumah bagi sejumlah cryptocurrency.

Korea Selatan

Korea Selatan saat ini bisa dibilang sebagai produsen teknologi terbesar di dunia sebut saja produknya yang sangat terkenal seperti Samsung dan LG.

Negara ini memiliki penetrasi smartphone dan tingkat pembayaran secara mobile tertinggi di dunia, tidak mengherankan Korea Selatan dengan cepat merangkul Bitcoin baik sebagai investasi dan pembayaran atau penukaran uang.

Mengutip bitcoin.com, layanan Bitcoin dinilai aman dengan menggunakan Korbit. Di Korea Selatan, orang juga bisa membeli Bitcoin di gerai 7-Eleven di seluruh penjuru Korael.

Negara ini juga pernah menjadi tuan tumah konferensi Bitcoin reguler dan telah menciptakan iklim yang bersahabat untuk komunitas pengguna Bitcoin.

Finlandia

Seperti tetangganya, Skandinavia, Finlandia juga salah satu negara yang terdepan dalam hal teknologi. Negara ini juga sudah membebaskan pajak untuk pembelian Bitcoin.

Finlandia sudah memiliki sejumlah ATM yang sangat banyak untuk memenuhi kebutuhan negara. Dari coinATMradar negara ini adalah tempat pertukaran Bitcoin yang paling banyak.

Pada Januari 2016, Bitcoin digunakan untuk membeli mobil Tesla seri S seharga € 140.000.

Indonesia

Di Indonesia sendiri penggunaan bitcoin terus tumbuh setiap tahunnya. Jumlah peredaran bitcoin dalam satu hari di Indonesia mencapai 150-200 unit. Meski begitu lewat situs resminya bank Indonesia merilis sebuah pernyataan singkat. Mengacu dengan UU no 7 tahun 201 tentang mata uang dan UU no 23 tahun 1999 yaang diubah ke UU no 23 tahun 2009.

Bank Indonesia menyatakan bahwa bitcoin atau virtual currency lainnya bukan merupakan mata uang atau alat pembayaran yang sah di Indonesia. Bank Indonesia juga meminta seluruh masyarakat untuk berhati-hati terhadap bitcoin dan virtual currency lainnya.

Segala resiko terkait kepemilikan atau penggunaan bitcoin ditanggung sendiri oleh pemilik. Pernyataan singkat tersebut dikeluarkan langsung oleh peter Jacobs, direktur departemen komunikasi bank Indonesia.