Cara Bisnis Online dengan Profesi sebagai Facebook Creator

Artikel Terkait Bisnis Online
Ini adalah kelanjutan dari artikel tentang facebook creator dan facebook gaming, yaitu cara dapat uang dari facebook secara gratis dan tanpa investasi modal ke pihak luar sedikitpun, terdapat 2 cara yang ditawarkan facebook agar bisa menghasilkan uang, yaitu "mendapat uang dari iklan ad breaks" lewat program facebook creator dari Facebook dan dapat uang dari main game secara live streaming di Facebook, kedua cara ini telah diterapkan facebook dan untuk user fb di indonesia juga sudah dapat menggunakan program kerja sama periklanan ini.

Disini saya akan memberikan info-info penting dalam membuat fanspage facebook, info video populer di facebook, cara mendapatkan Like & Komentar video, cara daftar creator di facebook, cara optimasi konten video halaman facebook, berserta trik optimasi penghasilan Ad Breaks FB untuk meningkatkan penghasilan.

Sepertinya Facebook mulai menyaingi YouTube, dengan mmembuat fitur baru agar para konten kreator video di platformnya bisa menghasilkan uang lebih banyak.
Menghasilkan Uang dari Video Facebook
menghasilkan uang dari video
Ada banyak penulis artikel yang menjanjikan bahwa cara-cara yang mereka sampaikan merupakan cara paling ampuh untuk menghasilkan uang dari Facebook. Tapi perlu Anda waspadai bahwa kebanyakan tips yang ditawarkan hanyalah kata motivasi, hanya mengubah cara pikir Anda atau membahas hal yang di permukaan dan dasarnya saja.

Jangan putus asa! Saya akan memberikan penjelasan yang tepat jika Anda memang ingin serius menghasilkan uang dari Fanspage Facebook.

Bagi Anda yang mungkin iseng membaca artikel ini, apakah Anda tidak tertarik untuk berpenghasilan pasif income dari Akun Facebook? Tinggal upload video saja Anda akan digaji oleh pihak facebook setiap akhir bulan. Apakah Anda tertarik?

Sekarang bagaimana caranya supaya bisa sukses untuk menghasilkan uang di fb dan meningkatkan penghasilan fb creator? tahukah Anda banyak creator dari indonesia yang telah menghasilkan puluhan jutaan bahkan ratusan juta dari Facebook, mungkin bagi Anda yang tidak terlalu memahami tentang kerjasama periklanan masih bingung dengan artikel ini, atau bahkan ada dari Anda yang berfikir mendapatkan uang yang bernilai puluhan bahkan ratusan juta di Facebook hanyalah hoax semata. Tapi tunggu dulu..
Pernahkan anda membuka aplikasi facebook di android? 
Apakah anda menemukan sesuatu yang diperbaharui facebook?
Daftar Sebagai Creator di Facebook
Cara mendapatkan uang dari fanpage

Langkah Menghasilkan Uang dari Monetisasi Facebook

Tahukah anda bahwa 2 fitur pada menu watch dan menu live streaming game itulah yang sangat populer saat ini, karna di fitur tersebut mengandung daftar video yang diupload oleh para pembuat konten video, dan para pembuat / pengupload konten tersebut akan dibayar dengan jumlah yang tidak tanggung-tanggung seperti yang telah saya sebutkan diatas.

Lalu bagaimana caranya? Simak panduan lengkap dibawah ini, jika anda tertarik untuk mengikuti jejak jutawan di Facebook hanya dengan upload video saja :)

1. Membuat Halaman Facebook

Ini merupakan langkah awal yang tidak boleh dilewatkan. Buatlah akun facebook terlebih dahulu, lalu buat halaman facebook. Pikirkan nama apa yang menarik untuk halaman facebook Anda dan bagaimana konsep halaman Anda, bagaimana tema atau karakter halaman Anda dibandingkan dengan halaman facebook yang sejenis.

Mendapatkan uang di halaman facebook dapat dilakukan dengan berbagi 2 jenis konten, yaitu konten video berbagai kategori dan konten video gaming.

Silahkan buat halaman sesuai dengan keinginan Anda, khusus untuk konten video gaming, pada halaman Anda wajib menggunakan kategori "Gaming Video Creator".

Untuk video berbagai kategori tergantung pada tema atau topik halaman, misalkan halaman seputar bitcoin, maka buatlah kategori : Cryptocurrency / Blockchain / Uang Digital / Investasi, dll
Artikel terkait : Trik Meningkatkan Viewers Video Facebook

2.  Berpikir Out of The Box

Anda harus berpikir di luar kebiasaan jika ingin menghasilkan video facebook yang menarik ditonton dari awal hingga akhir tayangan, lalu akan dibagikan oleh orang-orang sampai video Anda menjadi video viral.

Video yang paling banyak ditonton di Facebook

  • Video List
  • Video Tutorial
  • Video Unboxing
  • Video Voice Over
  • Video Ilustrasi

3. Mengoptimalkan Like, Komentar & Tayangan Video Facebook

Untuk mengoptimalkan Like dan Komentar di halaman Anda, diperlukan waktu dan usaha seperti dibawah ini. Selengkapnya : Trik Meningkatkan Tayangan Video Facebook
  • Video harus kreatif dan menarik.
  • Semua konten yang di update tidak baik jika terkena hak cipta orang lain, jadi buatkan konten original, jika karya orang lain anda wajib untuk di mengedit konten terlebih dahulu. (ini berguna untuk menaikkan peringkat video pada daftar tontonan di fitur watch).
  • Video Anda harus sesuai dengan Terms of Service dan Community Guidelines yang dibuat oleh Facebook.
  • Bagikan konten viral di fanspage anda untuk meningkatkan jumlah like & komentar.
Untuk bisa menghasilkan uang di video facebook melalui creator studio, anda wajib mematuhi pertaturan Facebook, daftar peraturan monetisasi facebook dapat anda temukan sesuai dengan cara yang anda gunakan untuk menghasilkan uang, apakah melalui konten video gaming atau konten video berbagai kategori, keduanya berbeda tetapi sama-sama bisa menghasilkan uang, untuk lebih jelasnya telah saya jelaskan dibawah pada poin selanjutnya.

4. Menguji Kelayakan Halaman Facebook

Perlu diketahui bahwa uang dari facebook kita dapatkan dari iklan yang tampil pada video yang kita upload, iklan tersebut dinamakan iklan ad breaks, jika anda pernah melihat iklan youtube yang bisa di skip setelah 5 detik, maka di facebook seperti itulah iklan ad breaks ini.

Setelah Anda mengikuti 3 poin diatas, ini adalah tahap dimana halaman anda akan di uji apakah layak untuk menampilkan iklan ad breaks atau tidak, sebagai syarat untuk memenuhi ketentuan, maka diwajibkan pemilik halaman facebook mengikuti pertarutan dibawah ini :
Setelah membaca persyaratan diatas sesuai dengan kategori halaman anda, silahkan lakukan uji kelayakan halaman facebook pada link di bawah ini.

5. Daftar Sebagai Creator di Facebook Creator Studio

Setelah tahap pada poin 4 di atas selesai, saat nya mendaftarkan fanspage atau halaman facebook anda sebagai halaman creator, disini fitur creator studio ini nantinya anda memanajemen konten, sama halnya dengan youtube yang disebut Youtube Creator Studio.

Tahap-tahap mendaftar creator video facebook :

1. Uji kelayakan halaman facebook => Uji Kelayakan Monetisasi Fanspage

2. Pilih genre halaman. Ada 2 opsi untuk jenis atau aliran halaman facebook untuk dimonetisasi, yaitu creator facebook gaming dan creator video facebook.

Perbedaan facebook creator dan facebook gaming

Perbedaan halaman facebook creator dan halaman facebook gaming hanya pada jenis konten, dimana creator facebook gaming hanyalah fanspage yang membahas seputar gaming, live streaming game, dan konten gaming lainnya, sedangkan video facebook creator adalah halaman fanspage yang membahas berbagai kategori video (semua topik) yang nantinya akan dimonetisasi dengan iklan berjenis ad breaks dari facebook untuk bisa menghasilkan uang.

3. Setelah memilih jenis halaman, silahkan lakukan pendaftaran berdasarkan jenis yang Anda pilih :
Meningkatkan Pendapatan FB Ad Breaks

6. Update Video Berkualitas dan Bermanfaat

Apa yang membuat Anda menonton video di facebook? Pastinya karena anda tertarik, video mengandung manfaat, atau bahkan video tersebut sedang viral sehingga membuat Anda semakin penasaran dan menghabiskan waktu dengan menonton video tersebut. Begitu juga dengan para netizen, saat dimana netizen menonton video lebih dari 30 detik itu artinya mereka sedang tertarik dan lebih memilih menonton lebih lama lagi.

Sebab itu, ada baiknya anda mengupload video yang berkualitas, bermanfaat, menarik, atau bahkan video viral. Jika netizen menyukai maka mereka tidak akan melewatkan untuk berbagi & memberi like.

7. Optimasi Halaman Facebook

Maksimalkan informasi halaman Anda sebaik mungkin, isi semua data pada informasi halaman dengan valid sesuai dengan topik atau kategori fansage, contohnya informasi UMUM (nama halaman, kategori halaman, nama pengguna/user id, dll), CERITA, INFO BISNIS, INFO KONTAK, INFO SELENGKAPNYA, dll

Cara mengedit informasi halaman facebook :

1. Buka halaman anda
2. Klik Tentang pada sidebar kiri
3. Lakukan pengeditan.

8. Optimasi Konten Video Halaman Facebook

Optimasi konten pada tahap ini adalah tahap paling penting, pada setiap video yang akan anda upload sebaiknya dilakukan optimasi video di Facebook Creator Studio

Cara optimasi video fanspage facebook :

1. Buka creator studio halaman Anda, berikut tampilan creator studio halaman fanspage saya
Optimasi Konten Video Halaman Facebook

2. Klik video facebook yang ingin Anda optimasi, disarankan mengupload video yang berdurasi 3 menit atau diatasnya (agar bisa di monetisasi iklan ad breaks) untuk menghasilkan uang lewat video.

3. Berikut tampilan perincian postingan video
Cara optimasi video fanspage
- Klik Edit postingan

4. Bagian penting optimasi video facebook untuk mendapatkan banyak penonton tertarget berdasarkan topik fanspage.
Cara meningkatkan video fanspage fb
- Detail video
Masukkan informasi penting tentang rincian video secara lengkap

- Judul postingan
Masukkan judul postingan yang disertai dengan hashtag untuk mencari lebih banyak penonton pada fitur Watch di aplikasi facebook android dan web facebook di tampilan PC.

- Hashtag dibagian judul postingan
Masukkan hashtag sesuai dengan video yang di upload, ini berguna untuk menargetkan penonton berdasarkan hashtag pada seluruh daftar video di fitur Watch pada aplikasi facebook android dan web facebook di tampilan PC.

- Judul video
Masukkan judul yang dapat menarik calon penonton, ini bagian paling penting karena setiap video yang anda upload melalui beranda fanspage, tidak mempunyai judul sesuai dengan judul postingan. Maka dari itu wajib dilakukan pengeditan video di halaman Creator Studio.

Buatlah judul yang mengandung keyword video, contoh pada gambar diatas menggunakan keyword game PUBG.

- Nama playlist video
Usahakan membuat playlist video, agar penonton lebih mudah mencari video sesuai kategori, ini juga dapat membantu anda dalam memanajemen konten video dengan maksimal.
Artikel terkait : Cara Meningkatkan Penghasilan Ad Breaks Facebook
5. Buat gambar thumbnail yang menarik
Cara Meningkatkan Penghasilan Ad Breaks
- Gambar mini
Ini adalah thumbnail kiriman video anda yang akan tampil, sebaiknya jangan gunakan thumbnail yang otomatis, karena gambar nya mungkin tidak menarik dan dibuat secara acak oleh facebook.

- Gambar khusus
Pilih gambar lain yang dipilih dari kumpulan gambar pada setiap detik video, jika anda ingin menggunakan gambar yang terdapat pada video, anda bisa gunakan fitur ini.

- Bingkai video
Ini adalah fitur untuk mengatur gambar thumbnail video fb secara manual, saya menyarankan menggunakan fitur ini karena anda dapat menggunakan gambar lain yang tersimpan di pc anda, tentunya ini dapat membuat tampilan thumbnail video anda menjadi lebih menarik penonton.

6. Atur distribusi video untuk meningkatkan ketersediaan video di platform lain seperti blog, aplikasi android buatan anda, dll
Cara Meningkatkan Pendapatan Ad Breaks FB
- Centang pada bagian Izin Menyisipkan
Agar anda dapat memasukkan video ke blog anda atau aplikasi android yang pernah anda buat, silahkan aktifkan fitur ini.

- Ketersediaan untuk halaman lain
Jika anda punya banyak halaman facebook, anda bisa memposting kiriman video ke halaman lain tanpa upload lagi, aktifkan fitur ini dan centang halaman yang di inginkan untuk memposting video dari halaman fanspage utama.

7. Pengaturan bahasa video dan terjemahan
Optimasi Penghasilan Ad Breaks
- Subtitles dan bahasa video
Atur bahasa video anda sesuai dengan target negara, misalkan indonesia maka tambahkan bahasa indonesia pada bagian Bahasa Video.

9. Optimasi Penghasilan Ad Breaks Fanspage FB

Pembahasan mengenai teknik dan cara meningkatkan dan memaksimalkan penghasilan Ad Breaks / Monetize video halaman Facebook dapat Anda pelajari pada artikel berikut ini : Optimasi Penghasilan Ad Breaks Facebook

Melalui artikel ini saya telah memberikan panduan menarik untuk disimak jika Anda ingin menghasilkan pendapatan uang dari Halaman Facebook Anda. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan diterapkan dengan baik. Terima kasih.